Laman

  • Home

Rabu, 19 Desember 2018

Membangun Portofolio Bisnis

Membangun Portofolio Bisnis
Setiap mitra atau klen kita ingin mendengar cerita baik mengenai bisnis kita, setiap konsep dan proses bisnis kita harus terbukti berhasil berjalan. Itulah yang menurut kami apa yang disebut dengan portofolio bisnis. Jadi portofolio bukan hanya berlaku bagi seseorang penulis atau penyanyi atau semacamnya, tetapi juga bisa berlaku untuk sebuah bisnis.

Portofolio ini merupakan lembar-lembar pengalaman kita yang telah tertulis sebagai bukti bahwa kita telah menyelesaikan pekerjaan atau rangkaian pekerjaan dengan baik. Dan customer atau mitra kita ingin melihat pengalaman tersebut dari kita.

Dalam bisnis kita tentunya telah membuat biz plan yang akan kita jalankan di masa mendatang, misalnya kita merencanakan ingin memasok salah satu retail modern. Pastilah dalam perjalanan ke arah sana, kita banyak menemui pengalaman gagal dan berhasil. Ketika kita telah berhasil menjadi pemasok dan terbukti bisa maka inilah apa yang kita sebut sebagai portofolio kita, Kita telah memiliki best practise dalam memasok retail modern tersebut, dan calon klien yang lain bisa melihat kita telah mampu melakukan hal tersebut.

Lantas bagaimana cara membuat portofolio yang baik untuk bisa membantu kita menyakinkan calon klien atau mitra kerjasama kita? Berikut adalah tips untuk mewujudkannya:
  1. Biz Plan yang ringkas dan lengkap. Biasanya saat ini diwakili dengan Business Model Canvas dimana klien kita bisa melihat semua perenacaan bisnis kita dalam selembar kerta. Selain itu, biz plan ini membawa fokus kita kepada tujuan yang terarah.
  2. Company profile pun telah kita buat dengan cara yang modern yaitu yang ringkas dan padat informasi.
  3. Membuat product list yang menarik, atau catalog produk. Tetapi yang ringkas dan representatif.
  4. Membuat price list yang up to date.
  5. Membuat promotion effort list.
  6. Membuat customer list, sebagai portofolio kita kepada calon customer atau mitra kita.
Dengan data-data atau marketing tools di atas, maka bisa dikatakan kita telah memiliki portofolio bisnis dan akan sangat membantu dalam upara marketing kita. Selamat mencoba dan sukses!