Laman

  • Home

Jumat, 28 Desember 2018

Era Digital, Semua Dokumen Dalam Bentuk Softcopy dan Hanya Selembar.

Jika Anda Tidak Bisa Menjelaskan Secara Sederhana, Maka Anda Tidak Memahaminya Dengan Cukup Baik.
Era digital ini benar-benar menuntut kita menyajikan dokumen yang serba ringkas dan visual, serba selembar. Sebagaimana BMC (Business Model Canvas) yang menyajikan BIz Plan kita hanya selembar, FRMC (Financial Report Model Canvas) yang menyajikan laporan keuangan dalam selembar, dan juga company profile serta proposal semuanya dalam selembar.

Sebenarnya bukan tanpa tujuan hal ini dikemukakan, coba kita kilas balik apa yang dikatakan oleh Albert Einstein yang menyatakan bahwa jika anda tidak bisa menjelaskan secara sederhana, maka sebenarnya anda tidak memahami bisnis anda dengan cukup baik. Membuat sebuah konsep dalam selembar memang sebenarnya menuntut pemahaman yang lebih baik atas bisnis kita. Di sinilah kita dituntut untuk bisa menggambarkan bisnis kita sesederhana mungkin kepada pihak lain.

Jika dulu di era sebelumnya proposal bisnis bisa berlembar-lembar dan butuh waktu untuk memahaminya, maka saat ini proposal bisnis hanya berupa lembaran-lembaran berupa: 
  • 1 lembar proposal, 
  • 1 lembar company profile, 
  • 1 lembar BMC (Biz Plan), 
  • 1 lembar work scheme (work flow), dan
  • 1 lembar financial overview 
Bisa ditambahkan, jika sudah ada pencapaian adalah:
  • 1 lembar customer list.
  • 1 lembar marketing effort list.
  • dsb
Semua menjadi serba ringkas, sehingga proposal bisnis saat ini menjadi sangat tipis tetapi dengan visual, skema dan grafis yang lebih menarik. Inilah bahasa digital yang saat ini cenderung diminati oleh generasi millenial.
Pasti akan butuh waktu untuk membawa UMKM-UMKM binaan kami ke arah sana, namun saat ini banyak di diantara mereka telah memahami dan sudah melakukannya. Tulisan ini adalah untuk mengingatkan kepada UMKM yang belum menyadari dan memahami bahwa saat ini telah banyak terjadi perubahan, dan mereka harus mulai berubah.
Pengiriman dokumen yang serba cepat sangat dibutuhkan saat ini, baik melalui social media maupun dengan sarana komunikasi yang lain. Saat ini sudah sangat umum mengirimkan proposal dengan media WA atau email. Dokumen yang ringkas dan eye catching justru menjadi menarik saat ini. Sudahkah anda melakukannya?