Laman

  • Home

Sabtu, 15 Desember 2018

Bagaimana Teknologi Mengubah Manajemen SDM.

Bagaimana Teknologi Mengubah Manajemen SDM.
Bagaimana Teknologi Mengubah Manajemen Sumber Daya Manusia?
 
Apakah anda menggunakan teknologi dalam manajemen sumber daya manusia? 
 
Sebuah tulisan dari Marianne Chrisos, yang merupakan seorang penulis dan marketer menginspirasi saya untuk menulis materi ini. Selama ini HRD tumbuh dari satu departemen yang bekerja untuk merekrut,  memecat, dan menangani pembayaran gaji karyawan serta menjadi bagian penting dari perusahaan yang sedang tumbuh, membangun reputasi organisasi, membantu menciptakan perubahan organisasi, dan memastikan kepatuhan. Munculnya teknologi telah mengubah lansekap SDM. Berikut adalah beberapa perubahan dalam manajemen sumber daya manusia yang disebabkan oleh teknologi.
 
Bekerja Jarak Jauh (Remote Working)
 
Harus diakui bahwa teknologi telah mengubah cara orang bekerja. Konektivitas yang besar memungkinkan karyawan bekerja dari jarak jauh untuk mengakses sistem manajemen, melalui protokol keamanan dan keselamatan sistem digital. Bagaimana saat ini perusahaan-perusahaan besar telah menggunakan applikasi online untuk melakukan kendali kinerja perusahaan dan juga kinerja SDM itu sendiri. Karyawan yang telah diberikan akses dan diverifikasi bisa bekerja dalam sistem yang telah online tersebut, dan bahkan saat ini kinerjanya pun bisa dipantau secara real time.

Applikasi net meeting (tele conference) pun telah biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahan besar untuk menyikapi efisiensi biaya meeting ketika karyawannya berada di berbagai tempat yang berjauhan. Bahwa teknologi telah memperpendek jarak atau bahkan menghilangkan jarak yang selama ini menjadi kendala dalam melakukan meeting.

Teknologi CCTV kadang juga dibutuhkan untuk memantau kinerja fisik karyawan sehingga tidak membutuhkan pengawasan manual.
 
Pengerahan (Recruitment)
 
Online recruitment, online assessment sudah menjadi istilah-istilah yang biasa dalam manajemen HRD. Perusahaan bisa melakukan recruitment secara online, melakukan test online, melakukan wawancara online dan sebagainya. Semuanya sudah bisa dilakukan dengan sangat praktis melalui applikasi digital, dan bahkan job fair pun saat ini telah dilakukan secara online bukan lagi digelar secara fisik.

Ketika perusahaan belum memiliki fasilitas ini, maka ada perusahaan lain yang menyediakan jasa untuk kebutuhan ini.
 
Keterlibatan Karyawan (Employee Engagement)
 
Dampak lain teknologi dalam manajemen sumber daya manusia adalah membantu organisasi dan departemen SDM untuk memahami bagaimana karyawan mereka menjalani "pengalaman"-nya bersama perusahan. Teknologi telah memungkinkan mengumpulkan umpan balik karyawan dan data yang akan dianalisis untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi karyawan. Karyawan yang lebih terlibat dan puas terbukti menjadi karyawan yang lebih produktif. 
 
Manfaat dan Penggajian (Benefit & Payroll)
 
Sistem online telah memungkingkan kontrol absensi, penilaian karyawan, dan penggajian secara otomatis terhubung dengan rekening bank karyawan. Semua report kinerja karyawan bisa secara langsung hadir di hadapan manajer SDM dan memudahkannya menganalisa kinerja karyawan.
 
Semua applikasi ini saat ini sudah demikian mudahnya diperoleh oleh perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil dan menengah. Banyak pihak yang bisa diajak bekerjasama untuk mengembangkan applikasi manajemen SDM ini, dan salah satunya adalah DASH Semarang yang memang fokus pada pengembangan applikasi-applikasi HRD. Sukses!