Laman

  • Home

Senin, 26 November 2018

Tips Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anda.

Tips Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anda.
Perubahan terjadi sangat cepat dan menyeluruh saat ini, terkait dengan revolusi industri atau lebih dikenal dengan revolusi digital. Hanya perusahaan dan individu yang kreatif dan inovatif yang bisa bertahan dalam badai perubahan digital saat ini, karena mereka mampu menyesuaikan diri dengan arus perubahan yang terjadi.

Masih banyak yang berpikir bahwa kreativitas adalah bakat, padahal kreativitas adalah pola pikir dan ketrampilan yang bisa dibentuk dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Sebenarnya yang terberat dari "menjadi kreatif" adalah perubahan awal yang butuh usaha dan kemauan yang keras untuk berubah. Mereka cenderung sudah "nyaman" dengan kondisinya saat ini, sehingga perlu sebuah trigger yang bisa membuat mereka melepas rasa "nyaman" tersebut.

Rutinitas tanpa visi yang menantang bisa membunuh kreativitas yang sebenarnya merupakan potensi masing-masing individu. Visi yang out of the box bisa memicu pola pikir yang kreatif, dan harus dimulai dengan hal ini.Kegiatan yang tidak biasa dan tidak rutin harus mulai dipertimbangkan untuk mendapatkan "something different" yang mungkin justru lebih produktif dan efektif. Perlu diingat bahwa kreativitas dan inovasi harus hadir untuk meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja.

Berikut adalah 11 tips untuk meningkatkan kreavitas anda, yaitu:
  1. Bangun ritual inspirasional. (REFERENSI SOURCE) - Menjadi kretif membutuhkan pemicu atau trigger.  Trigger tersebut bisa berasal dari referensi, baik literasi maupun kisah inspiratif. Referensi ini akan memperkaya wawasan dan jalur berpikir yang bermanfaat ketika kita bertemu dengan masalah.
  2. Cobalah untuk membuat sesuatu setiap hari. (PRAKTICE) - Menjadi kreatif itu tidak akan terjadi hanya dengan sekedar membaca dan mendengar, melainkan harus terlibat langsung dengan masalah atau melakukan praktek. Praktek yang rutin setiap hari akan membangun pola pikir yang reflek karena kebiasaan. Dalam dunia kreativitas, inilah yang disebut mesin berpikir otomatis.
  3. Dari sekedar disiplin, pikirkan pengabdian. (UP LEVELING EMOSIONAL, IN DEPTH) - Motivasi menjadi sangat penting dalam upaya berubah menjadi kreatif. Disiplin adalah sikap mental yang sangat bagus, tetapi belum cukup untuk memicu kreativitas. Melepas beban "disiplin" dalam pikiran kita, bisa kita lakukan dengan pola berpikir bahwa rutinitas kita adalah pengabdian.
  4. Beristirahat dan menemukan inspirasi kreatif. (CALM DOWN) - Memberikan waktu untuk otak kanan kita bisa aktif adalah dengan cara yang santai. Anda butuh istirahat dan relax untuk bisa menangkap sinyal-sinyal kreativitas.
  5. Buat daftar dan pilih ide Anda. (ALWAYS HAVE ALTERNATIVES) - Mulai dengan selalu mencoba berbeda dengan yang pernah ada. TIdak cuma satu alternatif yang bisa anda buat melainkan beberapa alternatif. Dengan latihan ini maka anda akan terbiasa dengan pola yang berbeda dengan yang sudah ada.
  6. Ajukan pertanyaan yang tepat. (DETAIL & PRECIOUS) - Orang yang kreatif ternyata justru paham detaik dan teliti. Kita menjadi kreatif karena kita terbiasa memahami permasalahan secara esensial sehingga mampu membuat mind mapping untuk solusi yang dibutuhkan.
  7. Bersenang-senanglah dengan kolega atau teman Anda.   Bekerja pada jam paling produktif Anda. (ENJOY) - Hati dan pikiran harus selalu selaras. Kondisi sosial yang kondusif sangat membantu anda untuk bisa berpikir secara kreatif.
  8. Membangun jaringan. (NETWORKING) - Pola pikir anda bisa berubah ketika anda berada dalam sebuah komunitas yang kreatif. Cobalah membangun atau bergabung dengan komunitas orang-orang yang kreatif agar pola pikir anda tidak terkungkung oleh kebiasaan yang lama.
  9. Mengambil resiko.  (TAKE A RISK) - Kreativitas butuh keberanian untuk keluar dari ketidaknyamanan. Selalu akan ada resiko, dan butuh keberanian untuk ini.
  10. Lupakan bakat. (CREATIVITY IS NOT TALENT, IT IS SKILL) - Sebagimana sebelumnya dijelaskan, kreativitas bukanlah bakat. Kreativitas adalah pola pikir dan ketrampilan yang bisa dilatih dan dibiasakan.
Demikian apa yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat. Sukses!