Laman

  • Home

Jumat, 02 November 2018

Mencoba Kreativitas di Atas Kapal Penumpang.

Mencoba kreativitas di atas kapal penumpang.
Jumat pagi ini ada kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman dari PT Dharma Lautan Utama di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Pada kesempatan ini saya diajak melihat dari dekat bagaimana situasi di dalam KM Dharma Kencana dengan tujuan pelayaran Semarang - Pontianak, dengan durasi pelayaran sampai dengan satu setengah hari.

Sebuah kesempatan menarik bisa melihat bagian KM Dharma Kencana untuk melihat peluang-peluang kreatif dalam memberikan pelayanan yang berbeda dengan pelayaran yang lain. Sebagaimana kita ketahui bahwa saat ini semua bidang bisnis selalu dituntut untuk menjadi lebih kreatif dan mampu membuat perbedaan-perbedaan dengan layanannnya.

Ketika masuk ruang dalam ke dalam ruang penumpang utama, yang berkapasitas tempat duduk sekitar 175 tempat duduk, yang biasa untuk penampil musik (live musik) saya melihat peluang untuk membuat semacam "training" di ruang tersebut. Dengan training yang menarik mungkin calon penumpang tidak hanya penumpang reguler saja, karena pihak pelayaran bisa menarik penumpang lain yang ingin menikmati training di atas sebuah kapal yang berjalan.

Ada beberapa kapal motor yang sejens dengan berbagai tujuan yang hanya berjarak tempuh 3 jam sampai dengan 1 1/2 hari. Untuk tujuan 3 jam (Semarang - Surabaya) bisa ditawarkan bagi "penumpang" khusus yang ingin menikmati training marketing sembari berwisata ke daerah tujuan.

Kesempatan kedua adalah ketika diajak menengok ke ruang atas (cafetaria), saya melihat bahwa masih banyak kreativitas disentuh di lokasi ini. Mulai dari menciptakan "menu" unggulan yang istemewa sebagai andalan kapal motor tersebut. Bisa jadi orang akan menumpang kapal motor tersebut karena ada masakan yang istimewa di kapal tersebut. Misalnya: buatlah menu nasi goreng yang istimewa di atas kapal tersebut yang benar-benar enak tetapi tidak harus mahal. Membuat penumpang betah di cafetaria adalah tujuan utama dalam menu tersebut, disamping bisa juga sebagi layanan training menarik yang dilakukan di ruang bawahnya.  Di deck atas ini, penumpang juga bisa melakukan selfie dengan latar belakang lautan lepas.

Konsep leisure dan digital harus benar-benar disentuh untuk mengembangkan bisnis pelayaran laut. Orang tidak hanya butuh transportasi saja saat ini, melainkan ingin mendapatkan pengalaman berbeda dari biasanya. Yang mereka butuhkan adalah rekreasi, bukan hanya sekedar naik kapal dari awal sampai dengan tujuang. Pemanfaatan teknologi digital dilakukan untuk kemudahan penyebaran informasi layanan ini dan juga bagaiman cara paling mudah membeli layanan ini (tiket) melalui online.

Sementara baru ini yang bisa saya diskusikan dengan para crew kapal, karena hari ini belum berkesempatan bertemu dengan pemilik perusahaan. Sukses ! Kreativitas bisa dilakukan dimana saja.