Laman

  • Home

Senin, 12 November 2018

Bagaimana Melakukan Segmentasi Pasar

 
Bagaimana Melakukan Segmentasi Pasar ?
Strategi marketing dimulai dari saat anda melakukan segmentasi pasar. Tidak semua pasar bisa kita layani dengan baik, segmen pasar yang tepat adalah segmen yang terbaik yang memiliki peluang lebih banyak untuk produk kita. Meskipun segmen lain juga memiliki peluang, namun peluangnya tidak akan lebih baik daripada segmen yang kita pilih.

Beberapa langkah dalam melakukan segmentasi adalah sebagai berikut:

1. Evaluasi pasar atau pasar mana yang ingin anda kejar. Tentukan metode mana yang anda inginkan untuk menentukan segmen anda dan definisi mana yang paling sesuai dengan model bisnis anda. Anda dapat mencirikan segmen menurut salah satu kategori berikut:
  • Geografi berkaitan baik dengan lokasi anda atau lokasi target pasar anda, di mana produk atau layanan anda akan digunakan.
  • Demografi adalah karakteristik statistik dari target pasar anda, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan atau ukuran rumah tangga.
  • Psikografi mencirikan konsumen dengan ciri-ciri psikologis atau emosional, berdasarkan pada sistem kepercayaan atau tipe kepribadian seperti pengambil risiko versus penghindar risiko, atau pengguna awal versus pembeli tahap akhir.
  • Gaya hidup adalah kriteria berdasarkan perilaku, dengan fokus pada kegiatan yang menjadi target anda, mulai dari pekerjaan hingga hobi yang dikejar atau liburan yang disukai.
  • Tahapan kehidupan menggabungkan beberapa karakteristik demografi dan psikografi yang dimiliki oleh kelompok-kelompok untuk menggambarkan di mana atau kapan target anda berada dalam siklus hidup mereka: kuliah dan karier, keluarga muda, nesters kosong dan sejenisnya.
2. Kualifikasi pasar atau pasar yang Anda pilih. Setelah anda mengevaluasi kriteria untuk menentukan pasar anda dan memilih pasar yang mungkin untuk ditempuh, nilai pasar berdasarkan potensi profitabilitas mereka untuk bisnis anda. Jawab pertanyaan berikut:
  • Seberapa besar segmennya sekarang? Apakah cukup besar untuk mendukung bisnis anda?
  • Seberapa mudah atau sulitkah mencapai segmen itu?
  • Akankah segmen itu tumbuh atau berkembang di masa depan? Seberapa jauh ke depan bisa tumbuh?
  • Apakah segmen ini benar-benar sesuai dengan model bisnis anda? Bisakah kita segera memenuhi kebutuhan mereka atau apakah perlu perubahan arah yang signifikan untuk memenuhi permintaan?
  • Seberapa sulitnya untuk mendapatkan data yang anda butuhkan untuk sepenuhnya memahami segmen ini, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini?
3. Kumpulkan dan analisis data di pasar yang anda pilih. Seiring waktu dan anggaran memungkinkan, gunakan sumber penelitian primer dan sekunder untuk membangun gambaran yang jelas tentang target pasar Anda.
  • Tinjau data penjualan anda sendiri. Siapa yang membeli berapa banyak produk atau layanan apa? Kapan mereka membeli? Di mana mereka berada? Siapa yang melakukan pembelian aktual dan untuk siapa mereka membeli?
  • Rujuk silang data penjualan ini ke database khusus industri yang dapat diprakarsai asosiasi anda atau website Dinas Perindustrian dan Perdagangan anda untuk mendapatkan informasi demografi bisnis dasar, atau tabel BPS untuk data populasi umum di wilayah anda atau dekat di mana wilayah Anda adalah kamu hidup
  • Tambang informasi dari laporan sindikasi gratis atau berbiaya rendah yang dihasilkan oleh perusahaan riset pasar untuk menyelam lebih dalam ke segmen pasar dan mendapatkan wawasan tentang motivasi yang mendorong kebiasaan pembeli.
  • Analisis data yang anda kumpulkan. Cari kesamaan dan perbedaan utama di antara basis pelanggan umum, keseluruhan populasi anda. Apakah kelompok-kelompok tertentu berkumpul bersama atau terpisah dari yang lain berdasarkan geografi, jeda demografi atau perilaku? Analisis klaster ini memberi Anda segmen yang lebih jelas, membantu anda menjawab pertanyaan kualifikasi dan memicu ide tentang cara berkomunikasi dengan segmen target melalui upaya promosi anda.
Demikian apa yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat. Sukses!