Laman

  • Home

Senin, 29 Oktober 2018

UMKM Hebat, Anda Akan Paham Ketika Anda Terlibat Di Dalamnya.

UMKM Hebat !
Akan sulit untuk memuji mereka hebat, ketika kita tidak terlibat dalam melihat langsung kiprah mereka. Merasakan semangat mereka untuk tetap survive, semangat mereka untuk belajar, semangat mereka untuk bermanfaat dan semangat mereka untuk mencapai cita-citanya, sungguh luar biasa. 

Mereka hebat? Mungkin seolah berlebihan ketika kami mengatakan demikian, namun ketika di saat yang sama kami juga menghadapi betapa banyak orang  yang "belum" punya keberanian memulai sesuatu, maka kami melihat perbedaan antara lebih dan kurang. Ternyata tidak mudah untuk membangun keberanian, tidak semua orang bisa.

Mereka hebat? Sebuah pertanyaan sederhana, apakah kita selalu termotivasi untuk belajar? Dari perjalalanan bertahun-tahun bersama mereka, sampai sekarang pun mereka masih terus semangat untuk belajar, belajar untuk selalu lebih baik dari sebelumnya. 

Mereka hebat? Ya, mereka telah membuktikan dalam kondisi apapun mereka masih survive sampai sekarang. Mereka telah belajar bangkit dari titik terendah mereka, merangkak pasti untuk setahap demi setahap lebih baik dari sebelumnya.

Mereka hebat? Ya, sampai sekarang pun mereka masih tetap fokus pada cita-cita mereka yang sederhana yaitu "tetap bertumbuh dan berkembang".

Tugas para penggiat dan pendamping UMKM adalah selalu menjaga motivasi mereka untuk terus belajar dan berkembang. Sebenarnya beberapa teori bisnis yang kami berikan hanyalah semacam tonggak-tonggak pijakan kaki untuk mereka naik ke jenjang yang lebih tinggi. Pada saatnya nanti mereka akan berada di atas kita, dan setidaknya kita bisa meminta bantuan mereka untuk membina UMKM yang lain. Semua ada gilirannya.

UMKM Hebat adalah UMKM yang Mandiri.

Kemandirian adalah suatu taraf entrepreneurship yang kami harapkan dari UMKM-UMKM yang telah melalui jenjang-jenjang pembinaan, baik oleh kami maupun dari pemerintah. Mereka harus memutuskan sendiri kapan mereka akan berhenti "menyusu" kepada pemerintah untuk kemudian memulai petualangan bisnis mereka sendiri.

Biarlah pemerintah berganti asuhan dengan UMKM-UMKM yang baru, yang memang harus dibimbing dan dibina seperti UMKM yang sebelumnya. 

Mandiri dan mampu bersaing global adalah tujuan dari proses pembinaan kami. Memberikan peluang kepada mereka untuk berinteraksi dengan pasar adalah jalan yang bijaksana untuk membangun profesionalisme mereka. Setiap kegagalan mereka berinteraksi dengan pasar adalah indikasi kepada kami untuk selalu memperbaiki persiapan dan pembekalan kami kepada mereka.

Produk yang berkualitas adalah kata kunci yang harus dipahami oleh setiap UMKM. Produk yang unik dan memberikan solusi dan benefit kepada customer adalah peluang mereka dalam memenangkan persaingan. 

Layanan dan komunikasi yang baik adalah cara untuk membangun kepercayaan pasar. Dan harga adalah kebijaksanaan anda untuk mengembangkan pasar anda. Ketika anda mengambil porsi laba yang besar maka porsi dari mitra bisnis anda akan menyempit sehingga peluang mereka untuk berkembang juga akan semakin tipis. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, tetap semangat dan sukses!