Laman

  • Home

Kamis, 18 Oktober 2018

Trading House, Peluang Bisnis Yang Perlu Dipertimbangkan.

Trading House, Peluang Bisnis Yang Perlu Dipertimbangkan.

Tulisan ini hanya bertujuan untuk mengingatkan saja, karena saya yakin sudah banyak yang melakukannya namun banyak pula yang mampu tetapi mengabaikannya. Perjalanan panjang saya dalam pembinanaan UMKM tentunya sudah banyak mengantarkan maupun "menemukan" produk-produk UMKM yang sangat prospektif untuk ekspor.

Ada beberapa UMKM binaan yang memang telah mampu melakukan ekspor sendiri, namun yang belum mampu pun jumlahnya jauh lebih banyak. Banyak hal yang mendasarinya, mulai dari kebutuhan atas produk tersebut, kualitas produk, legalitas, kemampuan memasarkan produk dan sebagainya.

Berbagai upaya promosi terus saya lakukan agar semakin banyak UMKM yang mampu melakukan ekspor sendiri, namun ternyata meskipun produknya bagus, faktor SDM menjadi sangat berpengaruh dalam menangani permintaan ekspor.

Di sisi lain, saya juga banyak mendapatkan pertanyaan dari orang-orang yang menurut saya mampu untuk melakukan ekspor karena pengalaman dan kemampuan finansialnya. Pertanyaan tersebut adalah apakah ada produk-produk UMKM binaan RumahUMKM.Net yang sudah bisa dipasarkan ekspor. 

Sebuah point of match yang menarik menurut saya, dan saya pun mencoba menyakinkan mereka dengan produk-produk dari UMKM yang menjadi unggulan Jawa Tengah, tentunya yang telah teruji kualitas dan legalitasnya. Saya mencoba mengarahkan mereka untuk melakukan trading ekspor untuk produk-produk UMKM kami dan saya akan mendampinginya.

Produk dan produsen sudah ada, bahkan seringkali buyernya pun ada namun payung ekspor dan finansial yang seringkali menjadi kendala untuk merealisasikan ekspor tersebut. Sebagaimana kita ketahui biaya untuk marketing ekspor kadang sangat tinggi untuk ukuran UMKM atau bahkan untuk saya yang merupakan fasilitator perdagangan ini. Banyak sekali ketertarikan terhadap produk UMKM di Jawa Tengah, dan dari para buyer ini mengundang RumahUMKM.Net untuk mempresentasikan produk UMKM di perusahaannya (di luar negeri). Tentunya untuk hal ini saya membutuhkan back up dari para perusahaan yang tertarik membangun trading house untuk menggarap peluang-peluang ini.

Sebagai contoh adalah pasar Brunei, sebuah perusahaan yang merupakan jaringan retail di Brunei mengundang kami untuk presentasi produk-produk UMKM Jawa Tengah. Aljazair yang butuh supply produk-produk setengah jadi dari Indonesia, kemudian Rusia, Iran dan sebagainya. 

Dibutuhkan perusahaan-perusahaan trading house yang memiliki finansial dan SDM yang memadai untuk bekerjasama dengan RumahUMKMl.Net untuk menggarap peluang-peluang ekspor ini.