Laman

  • Home

Minggu, 21 Oktober 2018

Selling Up, Branding Up Bersama DiahDidi.Com

Tanpa disadari, pergeseran dari media korporasi ke media personal semakin jelas arahnya. Saat inilah para blogger atau celegram yang lebih dikenal dengan sebutan "influencer" memiliki peluang yang besar untuk berkembang. Bukan omong kosong, karena nyatanya memang demikian besar pengaruhnya kepada audience yang disasar.
 
Blog atau akun sosial media yang memiliki pasar yang segemented adalah media yang dibutuhkan oleh para pemilik brand untuk berpromosi. Baik secara langsung maupun melalui agency, para pemilik brand terus melakukan perburuan influencer yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
 
 
Selling Up, Branding Up Bersama DiahDidi.Com
DiahDidi.Com dengan akun IG-nya @bunda_didi merupakan salah satunya. Food bloq dengan pembaca yang cukup loyal dan tersegmentasi ini sangat cocok dengan brand-brand bahan makanan, makanan dan minuman dan alat masak. Personal dan emosional adalah kekuatan baru dalam perubahan media saat ini.
 
Market Brief

Dominasi pasar oleh generasi milenial membawa dampak perubahan perilaku pasar yang sangat signifikan. Beberapa ciri perilaku generasi milenial adalah mobile & connected, high flexibility, high speed, spesialisasi, menyukai kepraktisan dan efektif. Perilaku ini memberikan stimulasi terhadap akselerasi transformasi digital yang sedang berlangsung saat ini. 


Selaras dengan perubahan ini, media promosi yang dibutuhkan oleh pasar adalah media yang bersifat online dan mobile, mengingat waktu mereka dalam keseharian tersita oleh kedekatannya dengan smartphone. Media online ini terbukti telah menggeser media-media konvensional seperti TV, Radio dan Surat Kabar. Konten promosi pun saat ini menyesuaikan dengan perkembangan media saat ini, yaitu konten online baik berupa visual maupun audio visual. Konten visual menjadi sangat penting dalam melakukan komunikasi dengan pasar.
 

Making Cooking Video, DiahDidi.Com
DiahDidi.Com

DiahDidi.Com adalah media online yang membidik pembaca wanita yang menggemari kegiatan “memasak” dengan konten berisikan edukasi masak beserta resep-resepnya. Yang menarik dari DiahDidi.Com adalah pembacanya yang sangat loyal dan organik. Mengapa organic? Karena pembaca-pembaca DiahDidi.Com tidak dipicu oleh iklan melainkan dengan sukarela mereka mengikuti blog masak ini sejak awal. Hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para advertiser di samping jumlah viewer-nya yang cukup besar setiap harinya. 


Food blog DiahDidi.Com biasanya dimanfaatkan oleh advertiser atau sponsor untuk memenuhi target mereka dalam visibilitasnya Google Search. Selain blog DiahDidi.Com, media ini juga berasosiasi dengan social media pendukung yaitu Face Book, Instagram dan YouTube.

Social media yang sangat mendukung promosi suatu brand saat ini adalah Instagram dan YouTube, yang tentunya memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing. Jika dulu IG @bunda_didi adalah pendukung dari DiahDidi.Com, saat ini IG @bunda_didi sudah bisa berdiri sendiri sebagai media promosi yang sangat efektif sebagai “awareness”. Sementara YouTube juga kami bangun untuk untuk menjadi “arsip” promosi audio visual yang sewaktu-waktu bisa diakses dengan mudah secara mobile selain sebagai media promosi itu sendiri. 

Secara umum DiahDidi.Com masih relevan dengan perubahan-perubahan pasar sebagaimana yang kami gambarkan di atas. 
 

Make a Cooking Video, DiahDidi.Com
Apa yang Bisa Dilakukan DIahDidi.Com untuk Membangun Sebuah Brand?

Kehadiran konten DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi sudah menjadi rutinitas penantian harian bagi para viewer dan followernya. Jumlah viewer, follower dan peringkatnya dalam Google Search memberikan peluang yang lebih besar bagi sebuah brand untuk mengambil perhatian para viewer dan follower DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi. 


Liputan produk dengan kemasan sajian resep DiahDidi.Com dirasakan oleh para pengiklan cukup membawa pengaruh (influence) kepada viewer dan follower. Foto produk dalam kaitan resep DiahDidi.Com di IG @bundadidi serta video pembuatan resep dengan produk pengiklan juga memberikan dampak yang cukup berpeluang tinggi untuk menjadi sebuah awareness. Sementara itu promosi berupa konten audio visual melalui YouTube juga bisa sangat mendukung produk pengiklan tersebut. 

Apa yang telah dilakukan DiahDidi.Com untuk Brand?

Beberapa brand yang diperkenalkan sejak awal oleh DiahDidi.Com adalah produk Kongbap dari Marifood, Gula Cari dari Gulanas, produk-produk tepung premix dari Sriboga Flour Mills. Banyak produk-produk makanan yang secara sporadik melakukan promosi melalui media DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi seperti Supermi, Kecap Indofood dan banyak sekali produk-produk dari UMKM. Untuk produk perlengkapan masak, beberapa brand yang sudah bekerjasama dengan kami adalah Rupa-Rupa.Com, Mito, Vicenza, Panasonic, Mito, Medina, Caraca, Tupperware, Lock & Lock dan sebagainya.

Nilai Item Jasa Yang Ditawarkan DiahDidi.Com

Beberapa produk promosi yang bisa dimanfaatkan oleh brand atau pengiklan adalah sebagai berikut:
  1. Ulasan Produk @ DIahDidi.Com (Website)
  2. Posting Foto + Resep @bunda_didi (IG)
  3. Posting Video Resep @bunda_didi (IG)
  4. Cooking Video at YouTube by DiahDidi.Com
  5. Cooking Video with Client (working hours)
  6. Advertising @ DiahDidi.Com (Website), Size: 300x250 pixel  Event Online, Excld. Prize (Fee Management)
Remark:
  1. Untuk event online, harga hanya fee penyelenggaranan event online di website DiahDidi.Com dan semua social media (facebook dan instagram @bunda_didi), belum termasuk hadiah dan pengiriman hadiah.
  2. Cooking video with Client durasinya adalah selama jam kerja (per session). 
  3. Video resep masakan adalah video dengan single shoot dengan menggunakan camera smartphone sebagaimana video-video terbaru DiahDidi.Com di IG @bunda_didi 
Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, misalnya untuk ulasan di food blog tujuannya adalah untuk SEO website atau edukasi produk, atau bisa dikatakan untuk memudahkan pencarian dalam search engine dan branding. Sementara beriklan di IG adalah untuk selling up karena impact-nya sangat langsung dan dapat terukur.

Demikian apa yang sementara ini ditawarkan kepada Prospek Customer untuk kerjasama promosi dengan DiahDidi.Com beserta social medianya.Untuk keterangan lebih lanjut bisa kontak WA ke 082134823929.