Laman

  • Home

Jumat, 05 Oktober 2018

Sate Ambal Kemasan, Inovasi Produk Kuliner dari Kabupaten Kebumen.

Sate Ambal Kemasan, Produk Kuliner Khas Kebumen.
Produk kuliner khas dari UMKM biasanya terorbit dari instansi Dinas Perindustrian dan Perdagangan ataupun dari Dinas Koperasi dan UKM, namun kali ini kami menemukan inovasi pangan sederhana namun menjawab kebutuhan pasar yaitu sate ambal kemasan dari Kabupaten Kebumen justru dari UPP IPTEKIN BAPPEDA Jawa Tengah. Produk ini terorbit dari kegiatan Krenova Jawa Tengah yang diselenggarakan setiap tahun oleh UPP IPTEKNI yang dulunya dikenal sebagai Balitbang yang berada di bawah BAPPEDA Propinsi Jawa Tengah.

Sate Ambalan Kebumen, Produk dari Allisha Foods.
Produk dari Allisha Foods Kabupaten Kebumen ini merupakan salah satu pemenang Krenova 2018 Jawa Tengah. Inovasinya yang sederhana, yaitu membuat sate ambal khas Kabupaten Kebumen dalam kemasan, cukup menjawab kebutuhan pasar dan membuat peluang pemasarannya semakin luas.

Produk yang diolah dari bahan alami tanpa pengawet ini mampu bertahan 3 bulan tanpa masuk freezer, dan akan bertahan lebih lama lagi ketika dimasukkan ke dalam freezer. Tak mengherankan jika produk ini sempat mendapatkan pesanan untuk melayani kebutuhan haji di tanah suci. Bahkan saat inipun pesanan dari beberapa kementrain pun mulai diterima oleh UMKM dari Kabupaten Kebumen ini.

Yang perlu kami catat dari gelaran KRENOVA Jawa Tengah saat ini adalah bahwa produk-produk dari para inventor atau startup ini telah tampil "bersaing" dengan produk-produk dari UMKM dari binaan instansi pemerintah lain yang memang berkecimpung dalam pembinaan UMKM.

Untuk masalah cita rasa, kami yakin bahwa produk sate ambalan dari Allisha Foods ini bisa diteriman oleh sebagian besar masyarakat karena sangat khas, terutama untuk lidah orang Jawa. Dengan produk yang seperti ini, pelaku usaha tidak perlu lagi kuatir dengan pasar, hanya tinggal promosi dan pemasarannya saja yang digencarkan. Sukses!