Laman

  • Home

Rabu, 31 Oktober 2018

Ketika Sosial Media Mendominasi, Maka Proposal Anda Cukup 1 Halaman.

Ketika Sosial Media Mendominasi, Maka Proposal Anda Cukup 1 Halaman. (Proposal Donasi Koran)
Waktu semakin berharga dan mitra anda pun tidak mau membuang waktu untuk membaca berlembar-lembar proposal, serta semua harus mengandalkan visual. Oleh sebab itu para pelaku UMKM harus belajar bagaimana membuat proposal atau konsep hanya dalam 1 lembar halaman.

Masih ingat BMC (Business Model Canvas) yang hanya selembar? Semua proposal nantinya juga hanya akan cukup 1 lembar.

Sementara ini belum ada aturan baku mengenai proposal selembar, tapi nantinya orang akan terarah dan terbiasa membuatnya untuk kepraktisan dalam membuka diskusi bisnis tanpa membuang-buang waktu, terlebih ketika sosial media mendominasi seperti WA, facebook messanger, linkedin dan sebagainya.

Kami telah membiasakan diri dengan kebiasaan baru tersebut meskipun sebenarnya secara pribadi hal ini sudah kami kenal sejak tahun 2001 yang lalu, namun ternyata tuntutan itu baru datang setelah 17 tahun lamanya. Beberapa perusahaan, bahkan perusahaan besar pun telah mulai meminta bantuan untuk sedikit memberikan brief tentang one-page proposal tersebut. Cukup menarik memang, karena dibutuhkan kemampuan dan pengalaman untuk menyajikan proposal berlembar-lembar menjadi hanya selembar.

Bahasa skema dan grafis menjadi sangat penting, karena mudah dipahami. Sebenarnya bahasa video jauh lebih efektif namun kadang besar file, performa device dan sinyal sering menjadi kendala kemudahan komunikasinya, selain itu proposal dengan video tidak bisa di-print out (dicetak).

Proposal pembelian koran.
Semua harus praktis dan visual dalam selembar, sehingga memudahkan untuk membacanya dalam hitungan detik atau menit. Dengan cara ini ide proposal ini lebih cepat dipahami, semakin memahami konsep yang diajukan maka semakin detail proposal yang dibuat. 

Demikian sharing singkat kami untuk one-page proposal, semoga bermanfaat bagi para pelaku UMKM yang ingin mengajukan ide kerjasama maupun ide penjualan kepada customer. Sukses!