Laman

  • Home

Kamis, 11 Oktober 2018

GULANAS dan Pengalamannya Dalam Mengedukasi Pasar.

GULANAS di Jogja Halal Fest 2018, JEC Yogyakarta.
Jika produk GULANAS mulai dikenal di masyarakat bukanlah suatu hal yang tiba-tiba, melainkan melalui proses panjang yang melelahkan. Sebagai produk baru dan masyarakat telah terpatri dengan produk gula konvensional, perjalanan tersebut seolah menembus kabut tebal yang tiada akhir. Perjalanan tersebut adalah upaya untuk membangun awareness masyarakat terhadap produk baru tersebut, yaitu edukasi pasar!

4 tahun adalah masa-masa berat bagi GULANAS untuk memperkenalkan produk gula cair sebagai produk gula masa depan yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan gula konvensional, mulai dari kepraktisannya, cita rasanya, kestabilan rasanya, kebersihannya, alami dan index glikemik yang lebih rendah. 4 tahun itu pula masyarakat perlahan-lahan mulai membuka diri terhadap produk gula tebu cair dan gula aren cair. 

Penjualan pertama adalah sebuah momentum besar dari dalam seluruh perjalanan mengedukasi pasar, dan momentum tersebut tidak terjadi di tahun pertama dan kedua melainkan setelah perjalanan 2 tahun. Sebersit optimisme terbangun kembali atas produk yang seharusnya menjadi kebanggaan nasional ini, dan optimisme ini semakin sempurna terbangun ketika repeat order mulai terjadi, yang artinya adalah masyarakat telah mulai menerima produk ini!

Ketika produk ini telah mulai dikenal dan diterima oleh masyarakat, kegiatan promosi kami bukannya semakin kurangi justru promosi lebih gencar terus dilakukan dengan edukasi yang lebih spesifik. Kami pun telah memprioritaskan pasar hotel, resto dan cafe sebagai pasar utama. Pasar industri pun sangat terbuka luas ketiak produk ini mulai dikenal, seperti: pabrik kecap, sirup, cocktail dan juice. 

Mulai Hadir di Setiap Pameran.

Pameran adalah media promosi yang paling efektif untuk GULANAS dalam berinteraksi dan mendengarkan langsung apa yang menjadi pertanyaan masyarakat terhadap produk GULANAS. Mulai apa saja produknya, apa kelebihannya dibandingkan gula konvensional, bagaimana tingkat harganya dan sebagainya.

Saat ini GULANAS hadir di Jogja Halal Fest di JEC Yogyakarta, tujuannya adalah menunjukkan kepada pasar bahwa produk GULANAS adalah produk yang telah memenuhi persyaratan halal. Ajang pameran bisnis hala dan syariah ini menghadirkan banyak tokoh nasional sebagaiman tersebut di bawah ini:


Di beberapa pameran-pameran yang diikuti sebelumnya, GULANAS juga mendapatkan respon positif dari pasar. Beberapa retail modern pun sudah melakuan kontrak kerjasama dengan GULANAS seperti Alfamart, Lottemart, Trans Retail dan sebagainya.


 
Semua perjuangan ini bukanlah instan, melainkan sebuah perjalanan panjang dan bahkan perjalanan yang dilalui sekarang pun belum beranjak dari jalan yang terjal dan berbatu. Pengalaman-pengalaman berat masa lalu memberikan banyak pelajaran bahwa membangun produk yang berkualitas prima adalah tahapan awal yang harus diperjuangkan. Sedikit celah cacat produk memberikan dampak negatif yang luar biasa dalam bisnis, dan seringkali memaksa kita untuk mundur beberapa langkah lagi.

Berbabagi loncatan lebar dilakukan dengan cara membuat inovasi-inovasi produk baru, sehingga pasar memberikan penghargaan positif bahwa bisnis kita berkembang dan layak mendapatkan perhatiannya. Produk gula yang low glikemik index yang akan segera diluncurkan merupakan persiapan loncatan besar di masa mendatang untuk GULANAS.