Laman

  • Home

Rabu, 26 September 2018

UKM Pangan Award Tingkat Nasional Tidak Ada Lagi.

FGD Fasilitasi Pangan Award, 26 September 2018.
Tahun 2018 ini ada kabar yang kurang bagus untuk teman-teman UMKM Pangan di Jawa Tengah, karena UKM Pangan Award 2018 di tingkat nasional tidak ada lagi. Penantian dari binaan kami yang sudah memenangkan UKM Pangan Award di tingkat propinsi terjawab sudah dengan diadakannya focus group discussion pada hari Rabu 26 September 2018 yang di salah satu sesinya (sesi akhir) memberikan pengumuman bahwa UKM Pangan Award 2018 untuk tingkat nasional sudah tidak diadakan lagi.

FGD yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Semarang di Gedung Disperindag Lantai V ini menghadirkan wakil dari Kementrian Perdagangan RI yang memotivasi para pemenang UKM Pangan Award tingkat propinsi Jawa Tengah untuk menguasai pasar dalam negeri dan juga melirik pasar ekspor. Untuk mendukung hal tersebut 2 pemilik toko oleh-oleh, Mubarok Food di Kudus dan Toko Oleh-Oleh 52 Semarang dihadirkan sebagai nara sumber.

Bagi kami, yang tergabung dalam team juri UKM Pangan Award Propinsi Jawa Tengah sejak 4 tahun silam, hilangnya peluang untuk berkirprah secara nasional tersebut tidaklah mengurangi esensi dari tujuan diadakannya UKM Pangan Award ini yang lebih menekankan kepada pembinaan dan seleksi produk yang berkualtas dan bisa dikembangkan pasarnya. Untuk memotivasi para UMKM Pangan di masa mendatang kami berharap Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah tetap menjaga bergulirnya kegiatan UKM Pangan Award ini dengan tindak lanjut membangunkan jaringan pemasaran bagi para pemenang kegiatan ini.

Semangat dari UKM Pangan Award adalah untuk menggali potensi lokal yang bisa dikembangkan sebagai kreativitas pangan yang aman dan berpeluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas, baik lokal maupun ekspor. Banyak produk pangan di Jawa Tengah yang bisa masuk kriteria tersebut hanya perlu pembinaan yang lebih fokus dan berjenjang.

Dalam pemilihan jaringan pemasaran, perlu sekali ke depannya Disperindag Jawa Tengah menggandeng para penyedia market place untuk membantu para pemenang UKM Pangan Award agar promosi produk mereka terbantu dan bisa dikenal lebih luas. Sukses!