Laman

  • Home

Senin, 03 September 2018

Trend Kuliner Es Kopi Susu Membantu Pertumbuhan Pasar GULANAS.

Es Kopi Kopi Kesuwon, Jember Jawa Timur.
Awalnya kami saya tidak menyadari dan kurang update dengan informasi bahwa saat ini Es Kopi Susu adalah minuman ikonik yang sangat digemari saat ini. Kami baru sadar setelah beberapa Cafe memesan produk gula aren cair, dan mulai saat itu kami mulai buka-buka internet tentang trending culinary saat ini. Ternyata benar bahwa es kopi susu menjadi minuman yang sedang hit saat ini.

Es Kopi Susu Kopi Tuku, Jakarta.
Dari berita di kumparan.com kami mendapatkan informasi bahwa es kopi susu dipopulerkan oleh Kopi Tuku milik Mas Andanu Prasetyo (Tyo) pada tahun 2015 dan secara blak-blakan pula Mas Tyi ini membuka resep bagaimana membuat es kopi susu yang nikmat. Meskipun pada kenyataannya tidak semua orang pun membuat es kopi susu yang enak tersebut karena tidak memiliki peralatan yang cukup di rumahnya, karena lebih baik mereka menikmati es kopi susu sambil nongkrong dengan teman dan relasi di Cafe.

Menyimak dari resep Mas Tyo bahwa es kopi susu yang juara diawali dengan base kopi yang kental yaitu expresso karena expresso ini kaya rasa, perbandingan antara expresso dan air dan expresso harus akurat, gunakan susu yang kaya lemak, kentalkan susu dengan penambahan krim dan terakhir gunakan gula aren sebagai kunci resepnya. 

Gula aren cari menjadi identitas dari es kopi susu tersebut. "Saya menggunakan gula aren dengan tingkat kekentalan tertentu. Biasanya perbandingannya, 40 gr kopi, 120 gr susu dan (sekitar) 30 gr gula aren," ungkap Tyo secara blak-blakan. 

Terbukti saat ini trend es kopi susu mulai merebak dari kota besar sampai dengan kota kecil sejak tahun 2015 lalu. Indonesia memang memiliki cita rasanya sendiri, dan cita rasa saat ini sedang memilih es kopi susu gula aren, yang merupakan perpaduan antara kesegaran, pahit, manis dan sensasi gurih.

---
 
Trend ini merupakan peluang untuk GULANAS dalam melakukan promosi yang masif ke pasar-pasar yang telah menjadi targetnya, mengingat produsen gula aren cair belum banyak di Indonesia. Dan sementara ini para pelaku usaha cafe masih "mencairkan" gula aren sendiri dengan konsekwensi stabilitas rasa gula aren yang tidak konsisten. 

Inilah peluang bagi GULANAS yang memproduksi gula aren cair yang ready to use, karena tidak perlu mencairkannya dari gula aren padat. Lebih praktis, lebih hygienis, alami serta memiliki stabilitas dalam cita rasa. 

Dan terbukti bahwa beberapa cafe di kota-kota besar dan bahkan care di kota kecil pun telah menghubungi GULANAS untuk melakukan trial dan juga uji cita rasa es kopi susu-nya. Pasar GULANAS adalah hotel, resto dan cafe, sementara pasar retail meskipun agak lambat tetapi menunjukkan ada pertumbuhan.

Rumah UMKM melakukan pendampingan pemasaran GULANAS .
Sejak awal target pasar produk GULANAS adalah pasar bisnis, yaitu hotel, resto dan cafe serta Indonesia. Untuk pasar konsumsi GULANAS memilih distribusi melalui retail modern dan toko-toko bahan makanan. Penetapan pada pasar bisnis ini disesuaikan dengan benefitnya yang lebih praktis, hygienis, alami (sehat) dan memiliki kestabilan pada rasa. Faktor praktis dan stabilitas rasa menjadi sangat penting bagi pasar bisnis, sementara faktor hygienis dan alami (sehat) merupakan benefit konsumsi atas gula cair ini.

Upaya promosi pun terus dilakukan untuk terus membangun awareness atas produk yang terbilang baru di pasaran ini. Promosi melalui media online dan social media menjadi pilihan saat ini, karena dirasakan sangat efektif dan justru memberikan feed back yang nyata dari pasar. Banyak produk UMKM yang lambat dalam pemasaran karena tidak terus menerus melakukan upaya promosi.

Promotion effort list.
Dengan upaya promosi yang terus menerus secara online, dan upaya pemasaran secara online dan offline saat ini produk gula cair GULANAS telah mendapatkan beberapa kepercayaan dari customer bisnis. Beberapa distributor telah mulai bergabung dengan GULANAS untuk pasar Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Bali dan selanjutnya yang sedang dibangun adalah disribusi untuk Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur lainnya. 

Beberapa customer yang telah mulai menggunakan produk GULANAS adalah sebagai berikut:

Customer List
DI tahun 2018 ini perkembangan customer baru akan semakin pesat karena upaya pemasaran kami yang lebih masif, baik oleh GULANAS sebagai prinsipal maupun oleh mitra distributor kami di wilayahnya masing-masing. Dengan pertumbuhan ini, GULANAS telah merencanakan akan membuka pabrik baru melalui penawaran investasi karena permintaan dari industri-industri besar makanan dan minuman yang sementara belum bisa terlayani seluruhnya karena kapasitas produksi yang masih terbatas. 

Semangat membangun brand lokal menjadi brand nasional inilah yang membuat Rumah UMKM setalu setia mendampingi GULANAS dalam membangun pasar, bahkan saat ini pun permintaan dari luar negeri untuk eskpor pun telah masuk ke GULANAS.