Laman

  • Home

Rabu, 05 September 2018

Tips Memilih Bisnis Franchise.

Memilih Bisnis Franchise
Tidak semua orang ingin berproses bisnis dari nol seperti apa yang dialami oleh UMKM-UMKM binaan kami. Ada banyak yang pelaku usaha yang ingin bisnisnya langsung berjalan, yaitu dengan jalan membeli franchise (waralaba), karena mereka berpikir bahwa mereka memiliki modal untuk melakukan bisnis seperti itu dan tidak harus memuali dari nol yang menurut mereka terlalu lama dan beresiko.

Kami sendiripun sering mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan yang ingin memulai bisnis dengan cara membeli franchise. Pada prakteknya, tidak semua franchise menguntungkan dan bisa berjalan sebagaimana apa yang kita harapkan. Tidak sedikit rekan-rekan kami yang pada akhirnya merugi karena salah pilih franchise. Mulai dari profit yang tidak sesuai dengan proyeksi mereka, sampai dengan tutupnya usaha.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini kami ingin memberikan beberapa pertimbangan atau tips dalam memilih franshise yang menguntungkan:
  1. Sebenarnya dalam memilih bisnis franchise pun anda harus tetap melakukan survey pasar terlebih dahulu. Anda harus memahami pasar anda, perilaku dan kebutuhannya. Apakah benar bisnis franchise yang kita pilih sesuai dengan pasar yang ada? 
  2. Pahami benar bisnis dan produk franchise yang ditawarkan. Apakah sesuai dengan pasar yang akan kita bidik atau tidak?
  3. Pemilihan lokasi bisnis yang tetap sebagaimana sesuai dengan survey yang telah kita lakukan. 
  4. Apakah franchise yang ditawarkan adalah franchise yang telah terbukti berhasil dalam beberapa outletnya? Anda harus memastikan hal ini.
  5. Apakah franchise yang akan kita pilih sesuai dengan trend bisnis saat ini?
  6. Apakah franchise anda memiliki sistem manajemen dan SOP yang baik?
  7. Apakah sistem dan biaya franchise yang ditawarkan sesuai dengan kemampuan kita?
  8. Apakah pihak franchisor memiliki legalitas yang lengkap dan valid?
  9. Apakah nantinya perjanjian jual-beli franchise di-backup dengan perjanjian legal yang kuat? 
  10. Apakah anda sudah mempersiapkan resiko-resikonya? Apakah anda sudah tanyakan apabila franchise ini tidak perform maka bagaimana konsekwensinya?
  11. Apakah anda telah mencari informasi dari pihak ketiga mengenai franchise yang akan anda pilih.
Pada dasarnya, ketika anda memilih bisnis franchise maka anda adalah type orang yang tidak mau tersita waktunya dalam mengurus bisnis. Oleh sebab itu anda harus sangat teliti dalam mempertimbangkan sebuah franchise, karena nantinya bisnis ini akan diurus oleh orang lain, apakah dari pihak franchise itu sendiri atau dari orang-orang yang anda rekrut untuk mengurus bisnis ini (beli licensi saja). Ketika anda hanya membeli licensi saja, maka anda harus pastikan telah memiliki orang yang kredibel dan mampu mengelola bisnis. 
 
Ketika anda telah mahir dalam menjalankan bisnis ini, maka pertanyaan balik dari kami adalah: Mengapa anda tidak membuat merencanakan membuat franchise sendiri?