Laman

  • Home

Rabu, 12 September 2018

Menyikapi Persaingan Dengan Bijaksana.

Menyikapi Persaingan Dengan Bijaksana.
Persaingan bisnis akan selalu ada karena produk yang sejenis dan juga pasar yang dilayani, semakin ke depan nanti persaingan akan semakin ketat karena jumlah pemain semakin banyak. Seharusnya hal ini sangat wajar, namun sebagian pelaku UMKM masiih menyikapi persaingan dengan sangat emosional, bahkan ada sebagiannya lagi yang "alergi" terhadap pesaing. Menjadi tujgas kita untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai persaingan kepada mereka.

Pasar semakin tumbuh, dan kapasitas produksi mereka pun tidak akan menjangkau semua pasar yang ada, jadi sebenarnya mereka masih bisa berbagi pasar. Atau mereka bisa membuat segmentasi dan targeting pasar mereka yang tidak banyak pemainnya.

Saking seriusnya fokus peda persaingan, mereka lupa bahwa fokus yang sebenarnya adalah pada pasar, pada cusstomer kita. Bagaimana kita benar-benar mengenaii pasar kita akan hal yang lebih penting daripada upaya untuk menjadi lebih cepat dari pesaing, lebih kuat dari pesaing dan bagaimana mengalahkan pesaing.

Ketika kita mampu mengenal pasar kita dengan lebih baik, berkomunikasi dengan mereka dengan lebih sering dan lebih dekat, maka apa yang menjadi permasalahan dan kebutuhan pasar akan kita ketahui. Dengan begitu kita akan mampu memberikan produk dan layanan yang seusai benar dengan apa yang mereka butuhkan.

Bahkan sebenarnya keberadaan pesaing akan membantu kita dalam memberikan visual apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar. Seringkali survey yang kita lakukan tidak bisa memberikan gambar yang sesungguhnya mengenai apa yang dibutuhkan pasar, tetapi dengan mangamati produk pesaing dan reaksi pasar terhadap pesain kita akan mendapatkan informasi yang penting untuk penyesuaian produk kita terhadap apa yang dibutuhkan oleh psar.

Amati bagaimana customer memilih, membandingkan dan membeli produk.
Interaksi produk dengan pasar adalah visual yang penting untuk diamati. Interaksi ini  bisa menggambarkan banyak hal, apakah kemasan produk cukup menarik bagi customer? Apakah harga kita masuk dalam jangkauan pasar? Dan sebagainya.

Keberadaan produk pesaing di sekitar produk kita, seolah seperti ujian multiple choice bagi customer. Minat dan pilihan mereka adalah informasi pasar yang paling penting. Pertimbangan mereka bisa jadi pada harga, ukuran kemasan, kemasan yang "menantang" dan sebagainya.

Nah, jadi dalam menyikapi persaingan haruslah sangat bijaksana. Buatlah produk pemasaran yang mendekatkan perusahaan anda dekat dengan customer, mudah dihubungi dan selalu mampu memberikan solusi kepada mereka. Memenangkan hati customer adalah salah satu cara yang bijaksana dalam menyikapi persaingan. Sukses!