Laman

  • Home

Jumat, 28 September 2018

Gandeng Mitra Importir Untuk Supply Kebutuhan Bahan dan Alat UMKM.

Bersama Mas Amien, dari CV Multi Sarana Industrindo.
Tidak semua bahan baku dan peralatan produksi tersedia di dalam negeri, bahkan ada pertimbangan harga produk impor yang lebih murah daripada produk dari dalam negeri. Dan menang sudah menjadi kewajaran bahwa dalam dunia usaha yang penuh persaingan kreativitas ini kita perlu ekspolasi bahan dan alat yang seringkali sulit kita dapatkan di dalam negeri.

Impor barang sebenarnya bukan hal yang perlu dianggap "mewah" oleh pelaku usaha, karena pada suatu saat kita akan sampai pada tahapan tersebut ketika bisnis mulai berkembang dan banyak tuntutan pengembangan kualitas dan kapasitas. Mengajarkan prosedur impor kepada para pelaku UMKM pun kadang tidak terlalu efektif karena mereka ingin tahunya beres, tidak mau repot dengan duduk berjam-jam atau berhari-hari mengikuti pelatihan.

Apa boleh buat, terpaksa kami yang harus jemput bola, salah satunya adalah bekerjasama dengan Mas Amien, CEO dari CV Multi Sarana Industrindo yang kami kenal sebagai importir yang biasa supply bahan baku, suku cadang mesin atau alat produksi untuk perusahaan-perusahaan besar. Kami memilih mitra ini karena jaringan supply yang dimiliki di beberapa negara, terutama dari China serta jam terbangnya yang cukup memadai.

Dengan keberadaan mitra importir ini, pelaku UMKM sangat memungkinkan melakukan pembelian bahan baku dan peralatan produksi dari luar negeri melalui importir ini, dan tidak harus FCL melainkan bisa juga dengan LCL. 

Kami melihat kendala utama dari para pelaku UMKM adalah teknologi produksi, dan kami juga melihat kenyataan bahwa peralatan produksi yang dihasilkan oleh produsen dalam negeri justru harganya lebih mahal daripada produk impor meskipun saat ini pajak impor telah naik. Kenyataan ini yang harus disikapi secara profesional oleh pelaku usaha, karena ketika mereka memaksakan diri membeli produk dalam negeri karena nasionalisme justru hal ini juga tidak mendidik para produsen dalam negeri untuk belajar efisien dan kompetitif.

Tujuan kami adalah untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas UMKM agar bisa bersaing dengan UMKM dari negara lain. Jika mereka membelanjakan modal lebih besar untuk investasi maka harga juga mereka juga akan terpengaruh dengan nilai investasi ini. Keberadaan mitra importir ini adalah opsi bagi pelaku UMKM yang terpaksa harus impor bahan baku dan peralatan produksi dari luar negeri. Sukses!