Laman

  • Home

Rabu, 08 Agustus 2018

Sapu Upcycle: Kreativitas Hebat Dari Kota Salatiga.

Sapu Upcycle: Produksi tas berbahan baku ex ban dalam dan ex tenda.
Creative Design & Workmanship adalah 2 kata kunci dalam menciptakan sebuah produk yang mampu menarik perhatian dari pasar. Bahkan dengan bahan baku yang berasal dari limbah pun jika kedua hal tersebut dimiliki bukan mustahil akan lahir produk yang mampu menembus pasar ekspor.

Ketika berada di kota Salatiga, saya berkesempatan untuk berkunjung ke workshop dan show room Sapu Upcycle untuk yang kesekian kali. Tetapi kali ini saya baru bisa bertemu langsung dengan Mas Sindhu Prastyo yang merupakan pengelola Sapu Upcycle. Sekitar 5 kali berkunjung ke Sapu Upcycle dan baru bisa ketemu Mas Sindhu. Waktulah yang tidak mempertemukan saya dengan beliau.

Hari ini saya melihat tumbukan tenda bekas dan sekaligus melihat beberapa produk tas dengan desain yang sangat menarik tanpa saya sadari bahwa produk tersebut berasal dari bahan tenda bekas tersebut. Setelah menjadi produk dengan desain yang kreatif  dan workmanship yang prima maka pasar pun tidak akan memperdulikan asal bahan baku produk tersebut, cukup: produk akhir! 

Sebenarnya produk Sapu Upcycle adalah produk edukasi sekaligus produk solusi kepada generasi muda untuk mengatasi permasalahan limbah. Tidak harus mereka dibakar dan dimusnahkan melainkan didaur-ulang dengan teknologi tepat guna untuk direka-ulang menjadi produk yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Bahkan sudah sejak awal produk Sapu Upcycle ini membidik pasar ekspor.

Survey wisaata produksi dari Grand Wahid Hotel ke Sapu Upcycle.
Nuanza Porcelen dan Sapu Upcycle adalah potensi wisata produksi menarik di Salatiga, yang bisa digandeng oleh hotel dan rosort setempat. Mereka pun telah mulai menata fasilitas produksinya untuk paket wisata semacam ini. Sebagaimana ketika hari ini saya mengajak team dari Grand Wahid Hotel untuk melihat dari dekat showroom dan workshop Sapu Upacycle ini. Pihak hotel pun akan segera membuat paket wisata untuk memberikan nilai experience kepada para tamunya. Sukses!