Laman

  • Home

Rabu, 18 Juli 2018

Pentingnya Membangun Keterlibatan.

Libatkan stake holder dalam bisnis kita.
Sudah bukan jamannya membangun konsep manajemen tertutup seperti dulu, transformasi digital justru mendorong setiap bisnis untuk lebih terbuka kepada customer dan stake holder lainnya. Terlebih saat konsep hospitality juga masuk dalam industri di Indonesia, dimana pabrik juga bisa dikunjungi untuk wisata edukasi bagi masyarakat umum. 

Konsep ini dirasakan cukup kuat dalam mendukung pembangunan brand perusahaan mereka di masyarakat dan mulai dilakukan oleh banyak perusahaan. Prinsipnya keterbukaan dan keterlibatan, karena edukasi lebih efektif dengan cara terlibat langsung agar customer bisa melihat sendiri proses produksi di perusahaan tersebut.

Secara umum konsep keterlibatan pada industri dan produksi UMKM adalah seperti tersebut di atas. Nah, ketika pertanyaan tersebut dibalikkan kepada kami sebagai pengelola RumahUMKM.Net oleh para pelaku UMKM maka saya pun harus bisa mengimplementasikan konsep tersebut di RumahUMKM.Net.

Jika saat ini RumahUMKM.Net yang merupakan blog edukasi dan promosi bagi UMKM, kontennya masih saya bangun sendiri, maka ke depan kami ingin melibatkan tokoh-tokoh yang terkait dengan pembinaan UMKM di kota dan kabupaten termasuk kepala daerahnya untuk ikut memberikan sumbang ide dan materi konten di RumahUMKM.Net agar situs ini menjadi penuh warna dan sarat informasi.

Selain itu, kami juga terus berupaya agar perusahaan-perusahaan besar yang memiliki CSR terkait dengan pembinaan UMKM juga bisa berkontribusi berita kegiatan CSRnya di situs kami. 

Terkait hal ini, kami juga telah menyiapkan penulis dari kalangan jurnalis yang siap mendukung kegiatan ini jika diperlukan agar berita dan informasi yang disampaikan bisa sesuai dengan tujuan pesan tersebut. 

Inilah konsep keterlibatan yang akan kami bangun untuk situs kami ini agar nilai kemanfaatannya meningkat dan bisa dijadikan referensi bagi UMKM. Sebenarnya sempat gelagapan juga ketika ada pelaku UMKM yang kritis menanyakan hal tersebut kepada kami, tetapi justru ini yang mengingatkan kami untuk lebih memacu diri berkembang menjadi lebih besar sebagaimana harapan kami kepada para UMKM bianaan kami.

Semua belajar dan saling membelajari agar akhirnya semua dapat manfaat. Sukses!