Laman

  • Home

Selasa, 10 Juli 2018

Jangan Selalu Bilang "Ya" Kepada Buyer Anda.

Jangan Selalu Bilang "Ya" Kepada Buyer Anda.
Takut kehilangan kesempatan bukan berarti harus melanggar batas-batas kemampuan kita. Memberikan informasi yang tidak tepat dan tidak benar bisa diartikan bahwa anda berbohong kepada customer anda.

Kita memahami betapa mahal peluang bertemu buyer dan mendapatkan kepercayaannya untuk membeli produk kita. Karena mahalnya peluang tersebut seringkali teman-teman UMKM berupaya untuk menyenangkan buyer dengan informasi-informasi yang sebenarnyat tidak "benar" atau tidak "tepat". Misalnya: sebenarnya sangat tidak mungkin mengirimkan barang tersebut dalam seminggu, tetapi karena takut kehilangan kesempatan maka bicara ke buyer bisa kirim seminggu dengan kualitas yang sama seperti dimaksudkan buyer.

Kebohongan-kebohongan yang sementara ini dianggap sepele oleh UMKM  ini sebenarnya merupakan potensi komplain yang cukup besar di kemudian hari dan hasilnya buyer kehilangan kepercayaan terhadap bisnis kita. Kita hanya menginginkan transaksi awal tetapi tidak berpikir bagaimana transaksi itu akan berulang dan buyer tersebut menjadi customer loyal kita.

Kami berbagi pengalaman ini ketika masih berbisnis ekspor furniture pada saat furniture masih menjadi primadona ekspor Jawa Tengah sekitar tahun 1996 - 2008. Kami tidak ingin teman-teman pelaku UMKM saat ini masih bertindak hal yang sama dengan apa yang kami dan teman-teman lakukan pada masa-masa tersebut. 

Yang paling berharga dari sebuah peluang adalah bagaimana pembeli melihat bisnis kita dengan sebenar-benarnya sehingga kita memiliki keleluasaan mengatakan semua keterbatasan kita sebelumnya. Dengan informasi yang benar maka ekspektasi buyer adalah sesuatu yang terukur oleh kita, sesuatu yang sangat mungkin kita penuhi.

Ketika ekspektasi buyer tersebut dapat kita penuhi, hal ini berarti kita telah memuaskan keinginan dan kebutuhan buyer dan selanjutnya hubungan jangka panjang terbuka luas untuk bisnis kita.

Demikian sharing dari kami hari ini, semoga selalu sukses membangun hubungan baik dengan buyer anda.