Laman

  • Home

Sabtu, 09 Juni 2018

UKM Naik Kelas, Sebuah Upaya Pembinaan UKM Meniti Bisnis Tahap Demi Tahap.

UKM Naik Kelas, Sebuah Upaya Pembinaan Mengantarkan UKM Meniti Bisnis Tahap Demi Tahap.
Slogan UKM naik kelas cukup berhasil, terbukti banyak sekali UKM yang termotivasi dengan slogan tersebut untuk membenahi sikap kewirausahaan dan usahanya. Intinya mereka ingin berkembang dengan melalui tahapan-tahapan yang aman untuk bisnis mereka. 

Lantas tahapan yang aman itu yang seperti apa, maka dari berbagai pengalaman kami ketika membantu beberapa UKM di Jawa Tengah adalah sebagai berikut:
  1. Naik kelas dalam kualitas produk, baik kualitas produk itu sendiri maupun kemasannya. Sebagian UMKM, terutama UMKM pangan masih dalam tahapan ini. Berbagai pembinaan dalam teknologi produksi dan perbaikan proses produksi perlu dibekalkan kepada para pelaku UMKM. Kemasan yang menarik juga masih selalu menjadi kendala bagi para pelaku UMKM.
  2. Ketika tahapan pertama telah terselesaikan, maka tahapan kedua adalah bagaimana membantu para pelaku UMKM memahami pasar mereka dan mengenalkan potensi-potensi pasar agar omzet penjualan dan profit mereka meningkat, sehingga memungkinkan untuk melakukan pembenahan-pembenahan berikutnya.
  3. Naik kelas dari sisi legalitas usaha dan sertifikasi usaha dan produk.
  4. Naik kelas dalam bidang manajemen pengelolaan usaha, baik manajemen SDM dimana para pelaku UMKM telah memiliki sistem untuk mengatur pembagian tugas dan kerja serta tanggung jawabnya, manajemen keuangan yang memungkinkan mereka memonitor dan mencatat semua uang masuk dan uang keluar serta mampu membuat laporan-laporan keuangan yang baku, manajemen operasi (produksi) yang memungkinkan mereka menerapkan efisiensi dan produktivitas kerja dan manajemen pemasaran yang memungkinkan mereka meningkatkan omzet dan profit perusahaan.
  5. Naik kelas dalam kemampuan perusahaan dalam memiliki sistem manajemen yang baku dan SOP yang baik.
Bagi kami kelima tahapan di atas sudah memungkinkan kami untuk mendampingi UMKM tersebut dalam memperluas pemasaran produknya, karena kami pun membutuhkan jaminan keseriusan dari UMKM untuk berkembang menjadi perusahaan yang lebih besar. Pasti tahapan tersebut tidak semudah teorinya, namun tahapan tersebut adalah tahapan yang wajib dilalui oleh pelaku UMKM untuk bisa dikatakan naik kelas.