Laman

  • Home

Senin, 11 Juni 2018

Pusat Grosir, Memberikan Kesempatan Kepada Orang Lain Untuk Berbisnis.

Pusat Grosir Makanan & Minuman.
Di bisnis skala UMKM, produsen sangat ingin ketemu dengan pembeli akhirnya sehingga transaksi yang terjadi adalah langsung antara produsen dan pengguna produk tersebut. Dengan kata lain, jalur distrubusinya pendek. Dengan jalur distribusi yang pendek, peluang bagi pebisnis lain untuk masuk sangatlah sempit sehingga pengembangan usaha relatif lebih lama dan berat.

Memberikan peluang seluas-luasnya kepada pebisnis lain ke dalam bisnis kita adalah upaya memperluas jaringan dan penyebaran informasi produk. Semakin luas jaringan distribusi yang terbangun maka semakin cepat produk kita dikenal oleh pasar, sehingga peluang peningkatan omzet menjadi lebih baik. Hal mana kami sering mengingatkan kepada para pelaku UMKM untuk mencari "pasar bisnis" bukan pasar konsumsi, karena posisi mereka adalah produsen.

Setiap produsen harus memiliki visi ke arah industrialisasi jika ingin berkembang, dimana mereka harus memiliki sistem yang mampu menjaga konsistensi kualitas produk dan juga sistem yang mampu menjamin ketersediaan supply dan pengembangan kapasitas. Peluang industrialisasi inilah yang nantinya akan membuka peluang investasi dalam bisnisnya ke depan, sehinga bisa lebih besar dan berkembang.

Pusat Grosir Produk UMKM

Memang lebih sulit mencari pasar bisnis dibandingkan dengan pasar konsumsi, bahkan beberapa pameran yang coba digelar oleh pemerintah seringkali hanya mampu menghadirkan pasar konsumsi bagi UMKM sehingga setelah pameran berakhir, maka pesanan ulang tidak pernah kunjung tiba. Meskipun sulit, tetapi hal ini merupakan kewajiban dari produsen sehingga segala macam ke arah sana harus ditempuh.

Kami masih teringat saat ngobrol dengan Bapak Munjirin, Bupati Semarang beberapa tahun yang lalu saat kami memberikan materi pemasaran kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Semarang di tempat pelatihan UMKM di depan Rawa Pening (maaf kami lupa nama lokasinya). Lokasi yang dulunya diperuntukkan untuk UMKM Center tersebut terasa kurang sukses dengan konsep sebelumnya, dan Bapak Bupati ingin lokasi ini dijadikan Pusat Grosir Oleh-Oleh Kabupaten Semarang.

Ide ini menurut kami sangat luar biasa, karena bisa banyak membantu UMKM produsen dalam pemasaran produknya. Dengan cara ini, UMKM produsen memiliki peluang besar untuk bertemu dengan pasar bisnis, yang berbelanja ke pusat grosir tersebut untuk tujuan dijual kembali dan dengan kuantitas yang cukup besar.

Di sisi lain, pusat grosir ini bisa menjadi magnet wisata bisnis bagi para pedagang yang ingin melakukan kulakan produk di pusat grosir tersebut. Dan kami salut dengan ide Bapak Bupati tersebut, namun sayang sampai dengan hari ini ide tersebut belum terealisasikan.

Ya, pusat grosir merupakan salah satu solusi dalam membantu pemasaran para pelaku UMKM produsen, dengan cara mempertemukan mereka dengan pasar bisnis. Dengan kapasitas penjualan yang lebih besar, maka produsen memiliki jaminan untuk bisa terus fokus dalam produksi tanpa harus pecah fokus ke arah pemasaran.

Masih belum terlambat untuk merealisasikan ide cemerlang dari Bapak Bupati Semarang tersebut, bahkan tidak harus di Kabupaten Semarang namun bisa juga untuk kota dan kabupaten lain. Semoga sukses!