Laman

  • Home

Senin, 25 Juni 2018

Pentingnya Merasakan Setiap Proses.

Ikut merasakan proses sangat penting dalam memahami bisnis anda.
Pengalaman saya ketika menjadi sekitar lebih dari 20 tahun yang lalu bekerja di perusahaan Italia yang saat itu membuka lowongan untuk menjadi factory manager mungkin bisa menjadi materi sharing yang menarik hari ini. 

Bekerja dengan orang asing masa itu sudah menjadi rutinitas kami saat furniture mengalami masa kejayaan di masa-masa tersebut, namun bekerja sebagai karyawan perusahaan asing adalah pengalaman saya yang pertama apalagi dulunya saya hanya seorang marketing sementara tantangan yang saya hadapi adalah sebagai factory manager yang bertanggung jawab juga pada produksi. Hal-hal manajemen dan pengetahun teknis mungkin tidak jauh berbeda, namun adalah hal-hal yang jelas berbeda yaitu bagaimana "menjiwai" bisnis yang kita jalani. Pelajaran ini yang saya dapatkan saat saya bekerja dengan perusahaan Italia tersebut.

Saya masih ingat benar apa yang dikatakan oleh pemilik perusahaan di saat hari pertama kali saya bekerja: "Kami tidak butuh orang yang pintar, karena mereka akan cenderung banyak berbohong kepada kami tetapi kami butuh orang yang bisa menjiwai bisnis kami dan tahu apa yang kami inginkan". Pastinya, saya pun belum bisa mencerna maksud pesan ini secara utuh, namun saya berusaha memahaminya karena saya yakin pemilik tidak akan asal bicara di saat awal memberikan briefing ini.

Hari pertama bekerja, saya menuju ruang kerja saya yang baru dan oleh pemilik perusahaan saya diingatkan bahwa tempat pertama saya bukan di ruang itu melainkan dimana awal proses bisnis dimulai. Dimana? 

Bisnis furniture di awali dari bagaimana mendapatkan bahan baku, disanalah saya harus berada. Apakah harus di hutan jati atau kebun mahoni atau di gudang kayu milik supplier. Di tempat itu saya dharus belajar semua detail yang ada dilapangan, dan pemilik perusahaan mengatakan bahwa saya akan bisa belajar cepat jika saya melibatkan semua indera yang saya miliki. Inilah pelajaran pertama saya bekerja dengan orang asing, dan orang Italia yang dikenal sangat detail dan berselera tinggi di furniture.

Setelahnya, saya harus berada dimana? Di setiap proses proses produksi, mulai dari memotong kayu, membelahnya, membuat pembahanan, assembling dan finishing. Semua harus saya ikut, rasakan dan harus terlibat. Tidak hanya hadir dan melihat tetapi harus menjadi orang yang paling expert di setiap proses! Hal inilah yang paling berat tuntutannya. Dan pemilik perusahaan menjelaskan, bahwa jika saya tidak lebih baik dari mereka maka mereka (pekerja) tidak akan benar-benar mendengarkan saya. Luar biasa! Inilah manajemen berdasarkan contoh, dari seorang leader.

Tanpa terasa saya sudah 3 - 4 bulan di lapangan, dan setelah melalui test maka saya boleh duduk di ruang kerja saya untuk memulai manajerial pabrik. Dan benar, pengalaman saya di lapangan banyak sekali membantu saya dalam membuat perencanaan produksi, perhitungan harga dan standard kualitas produk. Inilah penggabungan antara pengetahuan lapangan (praktek) dan manajerial. Sebuah pelajaran besar yang saya peroleh di awal karir sebagai factory manager, dan tidak akan pernah saya lupakan.

Menjiwai Sebuah Bisnis.

Dari sekilas cerita di atas, saya mulai memahami apa yang disebut dengan menjiwai sebuah bisnis. Diawali dengan memahami sedetail-detailnya proses dengan cara terlibat langsung dalam setiap proses, harus menjadi yang paling expert di setiap proses. Kompetisi keahlian adalah sebuah keasyikan yang akan membangun kecintaan kita terhadap apa yang kita kerjakan saat itu. Setelah memahami setiap proses dengan detail dan memiliki pengetahuan serta pengalaman, maka kita akan masuk kepada tingkat menikmati proses tersebut.

Ternyata menikmati setiap tahapan proses justru terletak kepada kepuasan terhadap hasil kerja kita, bukan kepada materi yang kita dapatkan atas kinerja tersebut. Ketika kita sudah mulai menikmati bisnis kita bisa dikatakan bahwa kita sudah mulai menjiwai bisnis kita apabila kita juga telah memahami tujuan bisnis ini secara keseluruhan dan jangka panjang.

Memahami tujuan atas apa yang sedang kita perjuangkan merupakan sebuah motivasi yang penting untuk peningkatan kinerja kita dari hari ke hari. 

Demikain secara singkat sharing pengalaman saya kepada teman-teman UMKM, semoga bermanfaat. Bisa jadi ilmu ini bisa lebih besar manfaatnya di tangan teman-teman UMKM dibandingkan saya. Sukses!