Laman

  • Home

Selasa, 26 Juni 2018

Networking, Jika Anda Ingin Lebih Besar.

NetworkingUsaha - Upaya mengikis keterbatasan informasi dan peluang untuk menjadi lebih besar.
Terliihat bahwa beberapa pelaku UMKM yang mengalami progress cukup pesat adalah UMKM yang memiliki kemampuan networking yang lebih baik dari yang lainnya. Dan kami pun sempat ngobrol dengan beberapa di antara dan mendapat isyarat bahwa mereka tahu benar apa tujuan mereka membangun networking dan bagaimana mereka mencapai tujuan tersebut dengan berbagai kerjasama yang telah mereka lakukan. Oleh sebab itu ketika pembekalan teknis untuk produksi, pemasaran dan manajemen telah diberikan maka saatnya para pelaku UMKM dibekali kemampuan membangun jejaring (networking) dan melakukan kerjasama. 

Di sisi lain kami pun mendapati beberapa fakta bahwa banyak juga pelaku UMKM yang aktif dalam setiap kegiatan dalam berjejaring namun tidak menampakkan progress usaha yang cukup signifikan, dan ketika kami dalami ternyata memang mereka kurang fokus dalam tujuan mereka berjejaring dan bagaimana melakukan kerjasama-kerjasama yang bisa memberikan peluang pengembangan usahanya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa berjejaring adalah cara yang paling efektif dalam melakukan akselerasi progress pengembangan usaha. Sehingga akselerasi progress pengembangan usaha inlah yang harus selalu dijadikan tujuan utama dalam membangun jejaring. Dengan fokus kepada tujuan utama tersebut, pelaku UMKM bisa dengan sangat selektif memilih jejaring yang akan menjadi prioritasnya sesuai dengan kebutuhan progress usahanya saat ini.

Jejaring yang efektif adalah jejaring yang memberikan peluang akses informasi yang lebih baik terhadap supply bahan baku, teknologi, manajemen, pemasaran dan pembiayaan. Sementara kerjasama yang produktif adalah kerjasama yang berwujud partisipasi bisnis, sinergi bisnis atau akselerasi bisnis.

Kerjasama merupakan eksekusi dari kegiatan jejaring (networking) kita. Percuma saja membangun banyak jaringan, namun tidak ada kerjasama atau kesepakatan kerjasama yang dicapai. Dan hal ini masih seringkali kami lihat dalam kegiatan jejaring pada pelaku-pelaku UMKM.

Untuk lebih memahami bagaimana membangun jejaring dan kerjasama, berikut kami bagikan materi dari kami sebagai wacana bagi para pelaku UMKM dalam membangun jejaring.