Laman

  • Home

Selasa, 05 Juni 2018

Komunikasi, Kegiatan Pemasaran Yang Paling Penting.

Dalam pemasaran, komunikasi adalah kegiatan yang sangat penting dalam membangun kesan pelanggan kepada produk kita.
Bicara pemasaran seolah kita akan berdiskusi mengenai ratusan bahkan ribuan teknik yang bervariasi karena banyaknya kombinasi-kombinasi yang berbeda. Meskipun harus mempertimbangkan kondisi pasar, namun justru yang paling penting adalah bagaimana kita melakukan komunikasi tentang siapa kita sebenarnya ada apa yang sebenarnya kita lakukan.

Luasnya pasar dan beragamnya perilaku setaip segmen pasar adalah pilihan bagi kita, dan pilihan yang tepat adalah pasar yang paling banyak membutuhkan produk kita dan kita sanggup untuk memenuhinya.

Ketika teman-teman UMKM ngobrol santai dengan kita dan bertanya, sebenarnya dalam pemasaran apa yang perlu mereka asah sejak awal? Dan dari pengalaman kami, maka kami jawab bahwa mereka harus mengasah kemampuan komunikasinya. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka pelaku pemasaran akan mendapatkan informasi yang penting mengenai permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan, keinganan dan kebutuhan mereka disamping informasi mengenai latar belakang dan siapa sebenarnya pelanggan anda tersebut.

Informasi-informasi itulah yang sangat penting dalam membuat keputusan strategi dalam pemasaran sehingga keputusan yang akan dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Komunikasi juga menjadi kegiatan yang sangat penting dalam membangun kesan dan persepsi pelanggan terhadap perusahaan dan produk kita. Customer sulit mengingat apa yang kita ucapkan dan apa yang kita lakukan, mereka lebih mudah mengingat kita saat kita mampu memberikan "suatu" kesan kepadanya. Dan kesan-kesan yang diingat oleh customer adalah hal-hal yang terkait dengan kepentingannya, yaitu keinginan dan kebutuhannya.

Dengan dasar ini kami sering mengingatkan agar teman-teman UMKM mulai melakukan komunikasi yang jelas dan tegas, dua arah dan lebih mampu mendengar apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Sukses!