Laman

  • Home

Selasa, 19 Juni 2018

Back to Work, Kembali Beraktivitas Setelah Lebaran.

Saatnya kembali bekerja setelah liburan panjang.
Liburan lebaran tahun 2018 ini cukup panjang dan tentunya akan berdampak kebutuhan konsumtif. Bagi karyawan dan pegawai hal ini memang yang mereka tunggu setelah bekerja selama setahun, namun bagi para pelaku UMKM apakah bisa berlama-lama menunggu untuk beraktivitas kembali setelah pengeluaran cash flow yang besar menjelang lebaran?

UMKM memang tidak mengenal kata libur, kecuali memang dipaksa libur karena merekalah denyut ekonomi nasional. Perekonomian harus tetap hidup terutama ketika menyangkut pemenuhan kebutuhan pokok untuk hidup, dan di sinilah terlihat peran UMKM sangat luar biasa dalam "hybernasi ekonomi" sejenak ini.

Tulian ini adalah untuk mengingatkan kepada teman-teman UMKM untuk kembali beraktivitas dan menjalankan roda ekonomi agar tidak terlarut dengan suasana liburan panjang yang bisa mengganggu denyut ekonomi nasional. Masalah finansial usaha yang biasanya terjadi saat menjelang lebaran akan berlanjut lesu setelah sebulah pasca lebaran dan hal ini harus menjadi perhatian bagi para pelaku UMKM (terutama yang mikro dan kecil). Harus cari mencari "cash in" lagi, yaitu kembali beraktivitas usaha.

Dalam kondisi ekonomi yang semakin berat seperti ini, denyut ekonomi dari urat-urat kecil perekonomian rakyat (UMKM) sangat dibutuhkan ketika perusahaan-perusahaan besar saat ini sedang mengalami "demam" akibat krisis dan beban ekonomi yang berat. Banyak sudah perusahaan besar yang terpaksa merampingkan diri karena tidak sanggup bertahan dengan beban usaha yang berat dan tidak sedikit juga yang mulai menutup usahanya. Harapan untuk bertahan adalah terus menggalang perekonomian rakyat melalui UMKM.

Ketika produk-produk UMKM yang tumbuh sudah mulai setara kualitas dengan perusahaan besar maka sebenarnya kekuatan mereka sudah bisa menggantikan kekuatan perusahaan besar. Penambahan kapasitas produksi dalam skala UMKM adalah dengan cara penambahan pelaku usaha, atau dengan cara sentra produksi dan inilah yang disebut dengan konsep industrialisasi kerakyatan.

Semoga UMKM semakin tumbuh dan berkembang sehingga ekonomi Indonesia semakin kokok dan tidak mudah mudah terkena krisis, terutama krisis global. Eksplorasi kekuatan lokal merupakan kekuatan yang luar biasa dari perekonomian Indonesia, apalagi dari yang lokal bisa menjadi global. Sukses!