Laman

  • Home

Rabu, 16 Mei 2018

Yang Mengajar Juga Harus Belajar.

Sama-sama belajar, saling mendukung.
6 tahun berkecimpung dalam pembinaan UMKM memberikan saya banyak kesempatan untuk belajar hal-hal praktis yang dilakukan oleh para pelaku UMKM dalam mengeksekusi ide dan keyakinannya. Mungkin dari sisi pengalaman dan pengetahuan manajemen dan pemasaran, saya diuntungkan dari bangku kuliah dan pengalaman kerja di beberapa perusahaan BUMN nasional yang mengajarkan saya sistem manajemen yang lebih tertata. Belum lagi pengalaman saya dalam ekspor furniture di periode tahun 2000-an, yang mengajarkan saya bagaimana itu semangat entrepreneurship dan merintis bisnis media online dan toko online juga membantu saya dalam memahami pemasaran modern saat ini.

Melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM tentu tidak terlepas dari kegiatan memberikan pembekalan materi (mengajar) yang sebenarnya masih menjadi dunia baru bagi saya pada 6 tahun lalu. Tetapi semangat berbagi dan keinginan besar untuk membantu UMKM, terutama yang mikro, menjadikan saya seorang pembina UMKM yang berbasis pada ilmu marketing. Mengapa saya fokus pada sisi marketing? Karena latar belakang saya adalah praktisi marketing selama lebih dari 20 tahun.

Belajar dari UMKM

Sebenarnya saya sendiri tidak yakin apakah ada buku khusus pembinaan UMKM yang bisa mengajarkan saya cara cepat menjadi seorang konsultan UMKM, oleh sebab itu media belajar saya adalah mendengar dari para pelaku UMKM yang sudi berkunjung ke program konsultasi UMKM kami. Satau demi satu saya mendengar permasalahan dari mereka (UMKM) dan mencoba melakukan analisa dan konfirmasi kepada UMKM yang bersangkutan sebelum mencoba memberikan alternatif solusi kepada UMKM.

Pengalaman praktis banyak sekali membantu dalam memahami permasahan yang hadir di hadapan kami, namun pengalaman yang paling baik adalah saya sendiri harus bisa menjadi pelaku UMKM itu sendiri sehingga saya tidak akan cuma tahu permasalahan namun juga akan merasakan apa yang dirasakan oleh UMKM itu sendiri.

Belajar dari UMKM dan merintis usaha skala UMKM sendiri memberikan banyak pengayaan materi pada konsep pembinaan UMKM yang kami lakukan. Semua harus praktis, dan harus terlihat buktinya.

Jadi sebenarnya siapa gurunya? Boleh saya katakan guru saya adalah UMKM itu sendiri, yang mengajarkan saya bagaimana menyakini hal yang sangat sederhana tetapi bermanfaat bagi peningkatan taraf hidupnya. Sukses buat teman-teman UMKM!