Laman

  • Home

Kamis, 03 Mei 2018

Packaging Craft, Sebuah Kreativitas Yang Bisa Dilakukan Oleh Percetakan.

Miniatur packaging produk sebagai dekorasi.
Ketika datang ke Pasar Semawis Semarang, di salah satu sudut terlihat ada sebuah outlet yang cukup unik. Outlet yang dikelola oleh pedagang dari Pekalongan ini menjajakan produk magnet kulkas dengan desain miniatur packaging. Meskipun produk ini bukan produksinya, namun produk miniatur packaging ini merupakan sebuah kreativitas sederhana yang selama ini tidak disentuh oleh banyak orang.

Desain grafis yang tampil secara 3 dimensi ini menjadi sebuah produk yang menarik untuk dijadikan handicraft. Tidak harus meniru miniatur produk dari brand-brand yang sudah ada, melainkan bisa juga untuk menampilkan produk-produk ide yang belum pernah ada.

Miniatur Packaging.
Produk ini benar-benar memahami pergeseran selera pasar atas handicraft yang ada selama ini. Pasar saat ini sangat menginginkan produk handicraft yang modern, bukan lagi handicraft-handicraft yang selama ini kita lihat di berbagai outlet dan counter.

Media packaging menjadi wahana untuk menuangkan kreativitas desain grafis dari produsennya. Jika saat ini yang muncul masih packaging kertas, maka bukan tidak mungkin ke depan akan muncul produk handicraft ini untuk minatur botol dan sebagainya. Konsep 3D memang memang sangat menarik untuk mewadahi kreativitas desain grafis. 

Tidak hanya sebagai magnet kulkas, miniatur packaging juga menarik sebagai gantungan kunci. Jika beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang kerajinan food replica yang juga telah menemukan masanya, maka miniatur packaging juga pasti akan menemukan jalan untuk berkembang.

Setidaknya inilah trend kerajinan yang perlu disikapi oleh para produsen handicraft saat ini. Sudah jamannya ketrampilan orang sudah mulai tergantkan oleh teknologi grafis.