Laman

  • Home

Sabtu, 12 Mei 2018

“Nahlun & Friends” Exploring Wonosobo - Media Games Edukasi Ensiklopedia Pariwisata Wonosobo

“Nahlun & Friends” Exploring Wonosobo - Media Games Edukasi Ensiklopedia Pariwisata Wonosobo
Setiap lompatan besar selalu membutuhka awalan kecil, dan hal ini dilakukan oleh kelompok relawan mengajar di Kabupaten Wonosobo yang diketuai oleh Nur Saudah Al Arifa D, dengan anggota: Tri Cipto Nugroho, Annisa Nur Ramadhani dan Wahyu Muhammad Kadafi. Meskipun apa yang mereka lakukan saat ini seolah terlihat kecil, namun sebenarnya mereka telah berjuang untuk melawan apa yang dihadapi di daerah pelosok desa, yaitu kemalasan belajar (membaca).

Sebuah games inovatif yang mereka buat bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat di pedesaan, yang saat ini juga telah tersentuh pergeseran perilaku kurangnya minat membaca buku.

Untuk sekilas mengenal produk inovasi Kabupaten Wonosobo yang dijagokan kabupaten tersebut dalam ajang Krenova 2018, berikut kami sampaikan abstraksi dari inovasinya:

 
Sekilas Mengenai Nahlun & Friends Exploring Wonosobo
 
“Nahlun & Friends” Exploring Wonosobo merupakan produk inovasi pembelajaran berupa permainan untuk mengeksplorasi informasi tentang potensi dan keunggulan daerah Kabupaten Wonosobo, khususnya pariwisata, kebudayaan, bahasa dan kuliner. Sehingga segala informasi tentang potensi dan keunggulan Kabupaten Wonosobo akan lebih tergali dan terinfomasikan secara lebih menarik dan kreatif dalam sebuah bentuk kartu ensiklopedia “Nahlun & Friends” dan dikombinasikan dengan permainan monopoli dan ular tangga yang bertemakan tentang potensi dan keunggulan Kabupaten Wonosobo.

Menurut data statistik UNESCO 2012, menyebutkan indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Oleh karena itu, “Nahlun and Friends” Edu Game hadir sebagai solusi yang bertujuan untuk meningkatkan minat literasi masyarakat Wonosobo khususnya dan Indonesia pada umumnya melalui sebuah permainan yang menyenangkan.

Manfaat Games Edukasi “Nahlun & Friends” yaitu sebagai media/alat promosi pariwisata Wonosobo, wahana permainan edukasi untuk anak pada khususnya dan untuk masyarakat pada umumnya, sebagai ajang kreativitas dan inovasi media pembelajaran serta meningkatkan budaya membaca. 

“Nahlun and Friends” Exploring Wonosobo untuk saat ini tersedia dalam tematik promosi Pariwisata Wonosobo, dan sedang dalam proses pengembangan tematik lainnya yaitu tema bahasa, kuliner dan kebudayaan. Harapan ke depan Games edukasi ini akan dikembangkan dalam bentuk digitalisasi melalui platform aplikasi berbasis android sehingga dapat di akses secara lebih luas oleh masyarakat.

Indonesia Butuh Inovasi Teckno Social

Ketika industri berkembang pesat, kecenderungan Indonesia dalam pengembangan teknologi lebih ditekankan kepada teknologi informasi, teknologi industri berupa mesin dan sebagainya. Ada yang lupa untuk dikembangkan, sementara hal ini sebenarnya yang sangat penting untuk terus digali dan dikembangkan, yaitu techno social.

Inovasi semacam Nahlun & Friends, Exploring Wonosobo ini adalah salah satu contoh techno social yang perlu mendapatkan perhatian ketika sementara pihak silau dengan inovasi-inovasi teknologi permesinan dan teknologi informasi. Harus ada yagn melakukannya, dan sebuah kelompok relawan mengajar di Wonosobo telah merintisnya dengan swadaya mereka masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab terhadap masa depan generasi saat ini di daerah pelosok.

Menjadi social preneur, ini mungkin istilah yang tepat untuk kelompok relawan mengajar ini. Ketika semua orang mendekat kepada hal-hal yang profit, maka kelompok ini justru memulai dari yang non profit meskipun sebenarnya dari yang non profit ini mereka bisa melahirkan gelombang bisnis yang luar biasa, meskipun itu bukan tujuan utama mereka. Seorang social preneur mendapatkan profit dari impact kegiatan social mereka, bukan kegiatan sosial itu sendiri.  

Kami berharap pada Krenova mendatang, akan banyak muncul Social Preneur yang lain yang mampu melakukan inovasi dalam techno social yang mungkin jauh lebih canggih dari yang pernah tampil dalam Krenova sebelumnya.