Laman

  • Home

Jumat, 18 Mei 2018

Instagram, Media Promosi Yang Paling Happening Saat Ini.

IG @bunda_didi tembus follower 200K!
Ketika para blogger semakin sulit mengais dollar dari Google Adsense karena peraturan-peraturan yang semakin ketat, maka mereka justru semakin kreatif memanfaatkan media sosial mereka sebagai media penambang rupiah. Ketika menjadi YouTuber pun dituntut untuk sangat sabar untuk panen dollar dan besarnya biaya konten yang lumayan besar maka Instagram menjadi target media yang harus digarap untuk menutup semua "minus" dari blog dan YouTube.

Instagram selama kurun waktu 3 tahun ini memang luar biasa perkembangannya, terutama di Indonesia. Bukan saja bisa mengaktualisasi secara visual kegiatan dan pesan informasi kita, namun bisa menjadi peluang media promosi yang komersial. 

Endorse, adalah istilah yang paling sering kita dengar oleh para pemilik akun IG (Instagram) ketika mereka mendapatkan "order promosi" dari kliennya. Ada tarif yang harus dibayarkan oleh klien yang besarnya didasarkan atas "keyakinan" atas impact dari promosi melalui akun IG tersebut.

Keyakinan ini berdasarkan atas jumlah follower dari akun IG, interaksi antar pemilik akun dan followernya dan jumlah view atas setiap penayangan (post) baik berupa post foto maupun video. Hal ini bisa diamati sendiri oleh klien atas sebuah akun.

Ada istilah lain lagi yang sangat perlu diperhatikan oleh advertiser atau brand yang ingin melakukan promosi, yatu apakah follower dari akun IG tersebut "organik" atau alami? Ada banyak akun IG yang tidak alami karena telah melibatkan jasa advertising maupun jasa applikasi penggelembung follower sehingga meskipun follower-nya berjuta-juta namun interaksinya tidak efektif. 

Akun IG @bunda_didi Telah Tembus 200K!

Mungkin jumlah follower 200K bagi sebagian orang dianggap hal yang biasa, namun untuk Akun IG @bunda_didi yang dikenal sangat organik dan alami maka pencapaian ini sunggup luar biasa. Pengembangan akun ini hanya didasarkan pada kekuatan context dan content yang sangat konsisten. 

Sama seperti food blog DiahDidi.Com yang juga dikenal sangat organik dan konsisten, akun IG @bunda_didi juga demikian adanya sehingga tidak mengherankan jika banyak dilirik oleh brand-brand besar untuk berpromosi sesuai dengan context IG @bunda_didi. Brand-brand yang sering memanfaatkan IG ini adalah eCommerce, produsen bahan makanan, produsen makanan, Resto & Cafe, produsen alat masak dan wisata.

Dari pengalaman, konten video jauh lebih efektif dalam menarik perhatian audience sehingga konten video ini banyak dipilih oleh klien untuk menyampaikan pesan kepada audience.

Bahkan terbukti IG sangat efektif sebagai teaser untuk event online, karena medai ini dikenal cepat menyebar dibandingkan media sosial yang lain. First impression, inilah yang menjadi kelebihan dari Instagram.

Untuk lebih melayani klien dengan lebih baik, saat ini IG bunda_didi menawarakan konten video IG yang dibundling dengan YouTube dengan publikasi di YouTube sebagai bonus (free). Tidak ada penambahan biaya ketika konten video resep klien di Instagram dipublikasikan juga di YouTube DiahDidi.Com. Hal ini dilakukan untuk lebih memperkuat impact dari promosi tersebut dan untuk memperpanjang masa "flying promoition" ketika promosi video di IG telah "tenggelam".

Ada penawaran lain untuk memperpanjang flying promotion, yaitu dengan penayangan (liputan) di food blog DiahDidi.Com yang telah memiliki rating Alexa yang cukup tinggi. Sukses!