Laman

  • Home

Jumat, 04 Mei 2018

Garang Asem Kalengan, Andalan PT BAMS Banjarnegara Dalam UKM Pangan Award 2018.

Produk Utama PT BAMS Banjarnegara: Garang Asem Kalengan, Fruit Coctaiil, Fruit Chips dan Nangka Muda.
Rangkaian kunjungan ke setiap UKM andalan kota dan kabupaten di Jawa Tengah telah membawa kami ke PT BAMS di Kabupaten Banjarnegara yang diandalkan oleh Kabupaten Banjarnegara untuk mewakili dalam UKM Pangan Award 2018, produk yang diajukan adalah Garang Asem Kalengan.

Garang Asem adalah makanan khas Jawa Tengah yang banyak ditemukan di daerah pesisir utara Jawa Tengah, terutama Semarang, Kudus dan Demak. Akan menjadi menarik ketika produk ini dalam wujud kalengan dan bisa bertahan lama untuk memastikan distribusinya yang lebih praktis. Selama ini garang asem hanya bisa dinikmati di daerah-daerah tersebut, tetapi dengan konsep kalengan maka produk ini bisa didistribusikan ke daerah yang lebih luas, bahkan ekspor, karena bisa tertahan lama.

Jika gudeg kalengan sudah tidak baru lagi, maka garang asem kalengan akan menjadi icon baru dalam kuliner Jawa Tengah yang diusung oleh PT BAMS Banjarnegara. PT BAMS sendiri beroperasi baru 4 tahun dan terus mengembangkan produk-produk baru seperti nangka muda kemasan yang nantinya juga akan menjadi gudeg kemasan. Selain itu fruit coctails dan fruit chips merupakan produk utama dari PT BAMS yang memang beriorientasi ekspor.

Memiliki fasilitas pengemasan sendiri merupakan kekuatan yang besar di UMKM ini, dan banyak peluang bahan baku lokal yang bisa terus dieksplor sebagai komoditas ekspor Jawa Tengah. Dengan karyawan sebanyak 33 orang, PT BAMS mentargetkan dalam tahun ini bisa melakukan ekspor sebanyak 2 kontainer sebulan dan pemasaran dan promosi ekspor terus mereka lakukan terutama pameran di luar negeri. Jarang ada perusahaan skala UMKM yang berani melakukan pameran di luar negeri dengan biaya sendiri.

Foto bersama crew PT BAMS, Disperindagkop Banjarnegara dan Juri UKM Pangan Award 2018.
Produk garang asem kalengan ini sangat diandalkan oleh Kabupaten Banjarnegara untuk meraih juara di UKM Pangan Award 2018 ini sebagai inovasi produk baru di Jawa Tengah. Dan jika melihat persiapan-persiapan yang telah mereka lakukan kami melihat peluang besar bagi UKM ini untuk meraih juara, baik di tingkat propinsi maupun nasional meskipun UMKM yang lain juga tidak bisa dianggap remeh.

Semoga dalam perjalanan eksplorasi UMKM yang potensial di Jawa Tengah ini kami menemukan banyak UMKM yang berpotensi ekspor di kota dan kabuten lain di Jawa Tengah.
Sukses UKM Pangan Award 2018!