Laman

  • Home

Rabu, 23 Mei 2018

Boga Makmur Gracia, Kripik Singkongnya Untuk Pasar Ekspor.

Umbiis, produk opak singkong untuk pasar ekspor.
Hari Rabu 23 Mei 2018 ini rute visit UMKM kami adalah Kabupaten Kendal, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Tegal. Rute yang sangat panjang dan melelahkan di bulan puasa ini, namun ketika tiba di Kabupaten Kendal semangat kami langsung tersulut ketika melihat produk andalan dari Kabupaten Kendal ini.

Opak singkong rasa barbeque yang diproduksi oleh PT Boga Makmur Gracia yang berlokasi di daerah Boja. Perusahaan skala menengah ini sudah berkaryawan sekitar 400 orang, terutama orang sekitar dan orientasi pasarnya adalah ekspor. Pasar utamanya adalah China dan saat ini sedang melakukan negosiasi dengan beberapa pasar di Afrika. Sungguh sangat kebetulan sekali, karena saat ini kami ada permintaan produk tersebut untuk pasar Eropa dan Timur Tengah yang mungkin bisa kami sinergikan.

Perusahaan yang dimiliki oleh Bapak Cun Ho dari Semarang ini memang sejak awal melakukan setting usahanya untuk ekspor, meskipun tidak menutup diri untuk pasar domestik namun tentunya harus dengan kapasitas yang cukup besar dan rutin. Sayangnya pada kesempatan ini kami tidak bisa bertemu langsung dengan Bapak Cun Ho, melainkan diwakili oleh Bapak Rukiyat yang merupakan bagian legal dari PT Boga Makmur Gracia ini.

Singkong memang menjadi sumber daya alam lokal yang bisa diekplorasi lebih jauh lagi dalam industri kuliner. Snack berbahan singkong sangat digemari di Eropa, USA, Timur Tengah dan saat ini China. Bahkan beberapa importer di Eropa, terutama Belanda, mengatakan bahwa produk kripik singkong dari Jawa Tengah produksi MIRASA Magelang dengan merk Cap Payung merupakan snack yang paling banyak digemari di sana. 

Kami berharap perusahaan ini bisa segera menyusul Mirasa Magelang untuk mendobrak pasar ekspor Eropa dan Timur Tengah. Promosi dan pemasaran ekspor memang masih menjadi kendala dari Boga Makmur Gracia, sehingga perusahaan ini mengundang mitra pemasaran untuk bekerjasama dengan perusahaan ini dalam memasarkan produknya ke luar negeri. Dengan konsistensi kualitas dan kapasitas produksi yang dimiliki kami yakin akan banyak mitra yang merapatkan barisan ke Boga Makmur Gracia. Sukses!