Laman

  • Home

Sabtu, 14 April 2018

RumahUMKM.Net, Edukasi Sembari Minum Kopi.

RumahUMKM.Net, Edukasi Sembari Minum Kopi.
Tanpa terasa RumahUMKM.Net, blog yang selalu mendampingi UMKM dalam mencari solusi permasalahan yang sering terjadi dalam perjalanan membangun usaha, sudah lebih dari 4 tahun. Sebuah blog yang kami coba bangun untuk mendampingi program Rumah UMKM di Kadin Jateng. Sangat sederhana, namun kami yakin bahwa beberapa yang kami sampaikan di blog kami bisa bermanfaat bagi para UMKM, baik di Jawa Tengah maupun di luar propinsi yang lain karena ternyata blog ini juga banyak dibaca oleh teman-teman UMKM di luar propinsi.

Solusi-solusi yang praktis kami coba sajikan kepada UMKM yang setia bersama kami. Mungkin cara kami dalam memandang permasalahan yang dihadapi UMKM berbeda, namun justru itulah yang menjadikan kami menjadi warna tersendiri dalam pembinaan UMKM di Indonesia ini. 

Kadang membagi waktu antara kerja kami sendiri dengan terus berbagi informasi dan edukasi UMKM sangat berat bagi kami, namun perjalanan hampir 5 tahun ini sudah membuktikan bahwa kami masih bisa melakukannya.

Roh dari RumahUMKM.Net adalah mempromosikan usaha dan produk UMKM yang memang seharusnya mendapatkan porsi perhatian dari pasar. Pengalaman kami di praktek pemasaran kami coba untuk mengembangkan produk-produk UMKM di Jawa Tengah menembus pasar yang lebih luas, bahkan pasar ekspor.

Konsultasi dan pelatihan adalah bagian awal kami dalam memahamkan apa yang harus dipersiapkan oleh UMKM menapaki jenjang yang lebih tinggi, selanjutnya promosi dan pemasaran yang kami lakukan adalah interaksi komersial yang harus dipahami oleh UMKM sebagai pengusaha yang mandiri dan profesional. Tidak mungkin kami memberikan fasilitas yang selalu gratis kepada UMKMm namum kami juga tidak akan membebani mereka dengan hal-hal yang belum mereka rasakan. Tahap setelah konsultasi dan pelatihan, yaitu tahap promosi dan pemasaran adalah tahap dimana UMKM bersedia terikat dalam komitmen komersial dengan kami. Setiap pihak harus mendapatkan benefit dalam bisnis, dan itulah yang akan kami sampaikan kepada UMKM binaan kami yang ingin melangkah ke jenjang yang lebih tinggi.

Apa Yang Telah Kami Miliki Sekarang

Rutinitas kami dalam pembinaan UMKM selama ini telah membuatkan hasil yang manis berupa data base produk unggulan dan UMKM unggulan, disamping di sisi lain kami juga telah menghimpun data buyer dari dalam dan luar negeri yang bisa dikembangkan menjadi aktivitas perdagangan. Data yang kami miliki adalah data yang telah terseleksi dan terverifikasi karena kami juga melakukan kunjungan lapangan untuk melihat dari dekat mereka berproduksi dan mereka berkembang. 

Selain jaringan supply dan pasar, kami juga terfasilitasi jaringan pembiayaan yang selama ini menjadi mitra kerja kami. UMKM adalah pasar yang potensial bagi mereka, apalagi UMKM yang telah kami upgrade jenjangnya. Mereka butuh pembiayaan untuk berkembang.

Beberapa jaringan retail modern juga sering melibatkan kami dalam sourcing produk-produk UMKM dari binaan kami, sebagaimana juga eksportir dan importir yang sudah menjadi mitra pemasaran kami.

Untuk pasar domestik, beberapa distributor nasional dan lokal juga telah merapatkan barisan kepada kami dalam sourcing produk UMKM yang berpontesi untuk dikembangkan menjadi industri. 

Beberapa investor juga telah mulai melirik keberadaan kami, ketika kami sering melakukan promosi dan pemasaran produk UMKM binaan kami. Beberapa dari investor tersebut melihat peluang bagaimana mengembangkan bisnis UMKM tersebut menjadi bisnis yang lebih besar sehingga mereka bisa terlibat di dalamnya.

Inlah yang kami miliki dan kami sangat terbuka untuk bekerjasama dengan pihak-pihak yang memilki visi yang sama dengan kami, mengembangkan UMKM Indonesia!