Laman

  • Home

Sabtu, 14 April 2018

Nuanza Porcelen : "Banyak Hal Yang Bisa Digarap Dari Keramik."

Roy Wibisono, Founder Nuanza Porcelen.
Kami mengenal sosok Roy Wibisono sebagai seorang pengusaha dan sekaligus seorang peneliti yang handal. Pernyataanya bahwa semua tanah di Jawa Tengah ini bisa jadi keramik, membuat pemikiran kami yang selama ini terbelenggu oleh paradigma lama menjadi terbuka ketika Mas Roy (=begitu saya memanggilnya) mampu mempertlihatkan buktinya. Bahkan debu merapi dan lumpur lapindo pun bisa dijadikan keramik. 

Sosol seperti inilah yang dibutuhkan oleh Jawa Tengah untuk membangkitkan kembali kejayaan keramik Jawa Tengah, ketika semua sentra gerabah dan keramik mulai mendekati ajal. 

Tentunya bukan hanya kemampuannya dalam meneliti tanah yang hebat, melainkan juga kemampuan desain team Nuanza Porcelen, workmanship dan juga pengalaman Mas Roy sendiri bergelut di bisnis keramik. Semua skill telah dimiliki oleh Nuanza Porcelen, sehingga membuat kami percaya diri dengan mengatakan: "Semua bisa dibuat di sini (Nuanza Porcelen).

Ceramic Table Ware

Custom Made Table Ware
Produk table ware merupakan salah satu unggulan, dan dengan kemampuan desain serta penguasaan teknologi keramik yang selalu berkembang, Nuanza Porcelen mampu memproduksi berbagai desain keramik dengan berbagai tekstur seperti batu, granit, marmer dan bahkan tekstur kayu. Sebuah kemampuan produksi keramik yang tidak bisa dianggap mudah, dan mampu menghasilkan produk-produk table ware yang sangat berbeda.

Pasar utama dari produk table ware ini adalah resort dan hotel berbintang, baik dalam dan luar negeri. Custom made justru memberikan daya tarik tesendiri bagi resort dan hotel yang memang memiliki konsep-konsep khusus.


Figurine 

Bali Dancer, karya Nuanza Porcelen yang menjadi cindera mata kenegaraan Indonesia.
Produk figurine atau patung keramik Nuanza Porcelen sendiri sudah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah sebagai cindera mata kenegaraan Indonesia, yang tentunya bukan tanpa alasan jika kualitas produk dari UMKM ini telah mampu disejajarkan dengan perusahan kelas dunia yang lain. 

Patung Bali Dancer atau penari Bali menjadi sangat menawan ketika berbalut lapisan emas kuning dan putih, yang membuatnya pantas disebut sebagai karya master piece dari Nuanza Porcelen. 

Pengembangan-pengembangan figurine yang lain terus dilakukan oleh Nuanza Porcelen dalam memenuhi permintaan dari pasar yang beragam. Pasar yang bisa digarap untuk produk ini adalah cindera mata untuk pemerintah, terutama negara asing. Beberapa kali Nuanza Porcelen mendapatkan kepercayaan dari negara-negara tetangga untuk memproduksi cindera mata bagi negara tersebut.

Trophy 
 
Berbagai trophy keramik produksi Nuanza Porcelen
Mungkin bisa dikatakan bahwa trophy golf keramik untuk kejuaraan nasional dan internasional adalah langganan Nuanza Porcelen. Kemampuannya dalam membuat desain dan trophy yang berkualitas sudah diakui oleh berbagai kalangan yang terkait dengan kejuaraan golf.

Pasar olah raga memang belum banyak yang digarap oleh produsen keramik, dan hal ini sudah secara jeli dibidik oleh Nuanza Porcelen sejak lama.

3D Mosaic Wall Tile

Produk arsitek & building material, 3D mosaic & wall tile.
Menyikapi perkembangan proyek properti yang saat ini terus berkembang, Nuanza Porcelen memiliki unit produksi khusus untuk 3D mosaic dan wall tile. Produk arsitek ini dikhususkan untuk proyek-proyek pembangunan gedung, interior dan eksterior, masjid, gereja, hotel, restaurant dan cafe.

Produk ini benar-benar dikerjakan secara handmade sehingga mampu menawarkan nilai seni yang tinggi. Beberapa proyek hotel di Timur Tengah telah memesan produk ini untuk kebutuhan eksterior bangunan.

Untuk proyek dalam negeri, tercatat proyek terbesar dari Nuanza Porcelen justru pada pembangunan sebuah masjid di Jakarta.

Selain dari unit-unit bisnis di atas, ternyata Nuanza Porcelen juga mengembangkan produk untuk kebutuhan teknis, yaitu insulator keramik untuk PT PLN. Dalam waktu dekat Nuanza Porcelen juga akan memanjakan pasar fashion dengan memproduksi accessories fahion dari keramik, seperti kalung, gelang dan berbagai accessories lain. Bahkan beberapa prototype produk fashion accessories-nya telah dipamerkan dalam acara fashion show di USA.

Benar juga, banyak hal yang bisa digarap dari keramik. Semoga ulasan ini bisa menginspirasi UMKM produsen keramik di Indonesia untuk kembali bangki dan tidak menyerah pada jaman. Justru sudah saatnya jaman ini adalah jaman kebangkitan keramik Indonesia.