Laman

  • Home

Jumat, 06 April 2018

Mengenali Pesaing Anda.

Mengenali Pesaing Anda.
Yang menarik dalam marketing adalah pepatah ini: marketing is a game atau marketing adalah sebuah permainan. Mungkin tidak semua marketer menganggap apa yang melakukan saat ini adalah sebuah permainan, namun bagi mereka yang telah enjoy dan senang dengan tantangan memang benar adanya bahwa ternyata marketing adalah sebuah permainan.

Sebagai salah satu contoh adalah ketika kita diminta mengenali pesaing kita, bukankah ini sebuah permainan? Permainan detektif seperti itulah yang hendak kita coba mainkan sekarang ini. Dengan menganggap marketing adalah sebuah permainan maka mempelajari marketing adalah sebuah kesyikan tersendiri.

Karena beberapa teman-teman UMKM masih ada yang alergi terhadap pesaing dan persaingan, maka memang tidak ada salahnya jika kita sedikit menyinggung tentang pentingnya mengenali pesaing kita dan tujuan mengenali pesaing untuk usaha kita.

Mengapa Ada Persaingan?

Menghindari "kesamaan" tidaklah mudah, ketika jumlah pelaku usaha yang semakin bertambah dan bisnis semakin padat seperti sekarang ini. Karena ada kesamaan maka akan terjadi "pembagian", dan karena setiap orang ingin bagian yang lebih banyak maka timbullah apa yang disebut dengan persaingan. Sangat wajar, dan dunia bisnis selalu ada persaingan.
  
Meskipun ada usaha lain yang tidak menghasilkan produk sejenis, mereka dapat menjadi pesaing karena produk mereka lebih memberikan kenyamanan, kemudahan, efisensi, kecepatan dan nilai tambah lainnya, sehingga nilai tambah tersebut akan menjadi alasan pelanggan meninggalkan suatu produk tertentu dan beralih ke produk lainnya.

Kesamaan yang dimaksudkan bisa berarti sama di produknya, sama di pasarnya, sama dalam cara pemasarannya, sama dalam wilayah pemasaran, sama dalam melayani pasar dan sebagainya. Banyak sekali kesamaan yang bisa terjadi, dan itulah sebabnya dalam marketing, mengenali pesaing sangatlah penting.

Mengapa Perlu Mengetahui Pesaing?

Ada beberapa alasan penting mengapa kita perlu mengetahu pesaing kita, antara lain:
  • Jika ada beberapa pesaing yang melayani pasar yang sama, maka kita perlu mengetahui apakah pasar tersebut cukup besar untuk menerima pemain baru.
  • Mengetahui seberapa besar perbedaan antara produk (barang atau jasa) yang kita hasilkan dengan produk pesaing.
  • Untuk mengetahui bagaimana mereka menerapkan strategi pemasaran sehingga mampu bertahan dan berhasil.
Apa yang Perlu Diketahui dari Pesaing?


Nah, berikut adalah check list mengenai apa yang perlu diketahui dari pesaing-pesaing kita, sehingga hal ini bisa menjadi data pendukung dalam menentukan strategi dan arah kebijakan perusahaan. Check list tersebut adalah:
  • Berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing?
  • Bagaimana kualitas produk yang mereka tawarkan?
  • Bagaimana cara mereka mempromosikan produk mereka? 
  • Tambahan jasa atau layanan apa yang mereka tawarkan? 
  • Bagaimanakah karyawan mereka? 
  • Apakah perlu pelatihan, sudah terlatih dan mereka digaji berapa? 
  • Bagaimanakah mereka mempromosikan? Apakah memasang iklan atau dengan cara lain? 
  • Bagaimanakah mereka mendistribusikan produk? 
  • Bagaimana strategi pemasaran mereka? 
  • Apakah kekuatan dan kelemahan pesaing?
Apa yang Membuat Mereka Berhasil?

 
Sangatlah penting untuk mendapatkan informasi apakah para pesaing kita berhasil dengan strategi pemasarannya, apalagi jika dikaitkan dengan potensi yang mereka miliki, kekuatan dan kelemahan mereka.  Informasi ini akan menjadi formulasi keberhasilan dari usaha anda sendiri nantinya.
 
Oleh sebab itu, perlu sekali informasi di bawah ini perlu anda cari jawabannya:
  • Apakah perusahaan-perusahaan yang berhasil tersebut mempunyai cara yang sama dalam beroperasi?
  • Apakah perusahaan-perusahaan yang berhasil tersebut mempunyai cara yang sama dalam menetapkan harga, pemberian jasa, penjualan atau produksi?
Apa yang Perlu Anda Lakukan untuk Bisnis Anda? 

Setelah semua informasi dan data-data mengenai pesaing kita telah kita dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa informasi tersebut terkait dengan potentsi, kekuatan dan kelemahan perusahaan kita.

Kita juga perlu melakukan evaluasi terhadap informasi tentang pelanggan Anda, kumpulkan, gunakan proses yang sama (serupa) dengan pesaing Anda, dan selanjutnya:

Formulasikan sebuah solusi bagaimana memberi nilai tambah dan membuat differesiasi sehingga produk kita  menjadi lebih diminati dan sukses di pasar, mulai dari desain produk, kemasan, kualitas, harga, kanal distribusinya, promosinya dan sebagainya.

Semua tujuang diferensiasi dan pemberian nilai tambah (benefit) harus sesuasi dengan keinginan pasar dan sesuai dengan positioning yang kita ambil.

Semoga sharing singkat ini bermanfaat, silahkan menikmati permainan detektif-detektifan ini. Pasti asyik !