Laman

  • Home

Senin, 30 April 2018

Kurasi Produk, Sebelum UMKM Terjun ke Pemasaran.

Kurasi Produk, Sebelum UMKM Terjun ke Pemasaran.
Banyak permasalahan kualitas produk dan kemasan dari usaha skala UMKM di pasar, sehingga sangat perlu adanya tahapan kurasi dari pihak-pihak terkait terutama dari para penggiat UMKM. Banyak produk UMKM yang sudah bagus dan memiliki legalitas, tetapi tidak sedikit produk UMKM yang belum di level tersebut. Hal yang sering terjadi adalah pada produk pangan, karena memang produk pangan ini menguasai lebih dari 70% usaha skala UMKM.

Untuk menjamin keamanan pangan bagi konsumen dan keberlangsungan usaha dari produsen sendiri, maka UMKM produsen perlu mendapatkan pembinaan dan kurasi produk sebelum produk mereka meluncur di pasaran. Tujuannya adalah untuk pengecekan kualitas dan sekaligus solusi-solusi peningkatan kualitas produk jika dibutuhkan, termasuk kualitas kemasan produk yang lebih menarik dan tetap menjaga fungsi kemasan tersebut.

Kurasi Legalitas Produk

Masyarakat butuh jaminan bahwa produk yang mereka konsumsi harus benar-benar diproduksi oleh produsen yang legal, dengan dibuktikan adanya ijin usaha atau ijin dari dinas kesehatan yang dikenal dengan PIRT. Khusus untuk olahan basah susu, ikan dan daging dibutuhkan ijin edar dari BPOM.

Jika saat ini masyarakat lebih kritis terhadap sertifikat halal, maka akan lebih baik jika produk pangan telah memiliki sertifikat halal. 

Kurasi legalitas kami lakukan untuk mendeteksi produk-produk yang sebenarnya belum layak edar masuk ke pasaran.

Kurasi Kualitas Produk

Dalam bisnis pangan, masalah cita rasa akan menjadi acuan dalam kualitas sehingga kami akan melakukan uji rasa kepada produk-produk UMKM setelah sebelumnya kami melakukan uji visual produk (fisik). 

Kandungan dan nutrisi dari produk pangan juga akan menjadi bahan pertimbangan dalam kurasi kualitas produk, terutama makanan yang masih menggunakan pengawet, pewarna, penyedap, perasa, penggumpal, pemutih dan sebagainya. Bisa dikatakan jika banyak bahan aditif yang ditambahkan, maka makanan tersebut tidak berkualitas.

Kebersihan makanan juga menjadi unsur penting dalam kurasi kualitas, termasuk sisa-sisa minyak dan bahan lain yang tidak perlu ada.

Kurasi Kemasan Produk
Kemasan menjadi hal yang penting dalam pemasaran produk, oleh sebab itu kurasi kemasan produk menjadi sangat penting. Mulai dari penataan produk dalam kemasan, bahan kemasan, pemenuhan fungsi kemasan, desain bentuk dan grafis kemasan dan semua hal yang terkait dalam label kemasan.

Kami harus akui bahwa usaha skala UMKM sangat lemah dalam desain kemasan, oleh sebab itu kurasi kemasan kami lakukan untuk memperbaiki mutu kemasan dan daya tarik produk.

Menjelang ajang UKM Pangan Award 2018 ini, kami akan melakukan road show ke berbagai daerah di Jawa Tengah untuk memberikan kurasi produk dan kemasan kepada para peserta UKM Pangan Award 2018 yang diajukan oleh kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Semoga kegiatan roadshow kurasi produk dan kemasan ini bisa membantu para UMKM bekembang lebih besar dalam hal pemasarannya. Sukses!