Laman

  • Home

Senin, 02 April 2018

Beberapa Hal Yang Harus Dimiliki UMKM Untuk Promosi

UMKM Naik Kelas Versi Rumah UMKM

6 tahun perjalanan melakukan pembinaan UMKM di Jawa Tengah dengan sponsorship dari Korannya Jawa Tengah, Suara Merdeka, memberikan banyak pelajaran bagi kami untuk terus melihat celah-celah mana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan citra UMKM binaan kami di mata calon konsumen.

Bukan sekedar membina mereka untuk membuat produk yang unik dan berkualitas, bukan sekedar membantu mereka memiliki packaging yang bagus tetapi ternyata masih banyak hal lagi yang harus dilakukan ketika mereka menuju tahap pemasaran produk. Dalam tahap ini, kegiatan promosi merupakan hal yang paling penting dalam rangka memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas atau kepada segmen pasar mereka. 

Upaya promosi yang kami lakukan seringkali menghadapi banyak kendala ketika UMKM binaan kami tidak memiliki beberapa hal sebagai berikut:
  1. Company Profile, dengan visual grafis yang menarik.
  2. Katalog Produk, dengan visual grafis yang menarik.
  3. Price List
  4. Exhibition Kit
Selalu saja kami tergagap-gagap ketika calon buyer menanyakan company, profile, katalog produk dan price list. Mengapa demikian? Karena banyak UMKM yang memang belum memikirkannya, apalagi memilikinya.

Ketika beberapa tahun yang lalu, bersama dengan Balatkop Jateng memberikan pelatihan marketing maka materi utama yang kami sampaikan dalam pelatihan itu adalah membuat company profile karena kami yakin bahwa UMKM yang ikut pelatihan bahkan belum memikirkannya. Dan ketika peserta pelatihan mampu membuat company profile yang menarik, kami pun bertanya kepada mereka bagaimana reaksi customer ketika melihat presentasi company profilenya mereka pun menjawab bahwa customer merasa "lebih percaya" dengan perusahaan mereka ketika melihat company profile mereka yang menarik.

Pelatihan seperti inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, selain harus memiliki katalog produk yang bagus dan price list yang benar. 

Untuk exhibition kit, meskipun kadang belum dinilai penting namun ketika para pelaku UMKM diberikan kesempatan untuk pameran maka tool ini harus dimiliki oleh UMKM agar tampilan booth atau stand-nya terlihat berkelas bukan asal ikut pameran saja.

KAK Studio, Mitra Kreatif UMKM

Menyikapi permasalah di atas, Rumah UMKM menggandeng team muda dari komunitas arsitek Semarang untuk ikut berkiprah meningkatkan citra UMKM di mata konsumen. Selain membantu mempromosikan dan memasarkan produk UMKM, Rumah UMKM menggandeng KAK Studio untuk memberikan pelayanan desain company profile, katalog produk, price list dan exhibition kit. 

Tidak hanya berhenti di desain saja, namun KAK Studio memberikan layanan sampai dengan produksi cetak dan fabrikasi. Selain itu company profile yang telah dikerjakan oleh KAK Studio akan dibantu untuk dipromosikan melalui penyebarannya secara online melalui mitra-mitra media yang bekerjasama dengan KAK Studio, termasuk RumahUMKM.Net ini.

KAK Studio digawangi oleh arsitek-arsitek muda dari Semarang.
Dengan layanan semacam ini, kami berharap promosi usaha dan produk UMKM di Jawa Tengah bisa lebih maksimal dan lebih mudah ditemuakan dalam setiap pencarian di search engine. Selain itu, berbekal company profile, katalog yang bagus maka ketertarikan konsumen atas produk UMKM akan semakin besar, apalagi ketika company profile dan katalog tersebut diterima oleh segmen pasar yang tepat.

Untuk price list, kami juga akan memberikan bimbingan perhitungan price list yang sesuai dengan strategi pemasarannya. Banyak sekali UKM yang belum memiliki price list yang terstruktur, apalagi ketika produk mereka diminati oleh pasar ekspor.

KAK Studio digawangi oleh komunitas muda arsitektur Semarang, yang siap memberikan layanan desain dan produksinya. Kantor KAK Studio berada satu atap dengan Rumah UMKM untuk memudahkan layanannya kepada UMKM.

Kami berharap layanan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh UMKM yang ingin meningkatkan pemasaran produk mereka. Sukses selalu !