Laman

  • Home

Sabtu, 07 April 2018

8 Wisdom Dari Seorang Jack Ma

Nadhir Ashafiq: 1 Jam Bersama Jack Ma di Alibaba Campus
Menarik sekali apa yang dibagikan oleh Mas Nadhir Ashafq melalui face book saat mengikuti kuliah di Alibaba Campus, saat mana Jack Ma memberikan sharing pemikirannya di hadapan audience. Sangat sederhana penampilannya, sangat pintar cara mengolah katanya, dan sangat rendah hati meskipun saat ini Jack Ma adalah orang yang sangat kaya di China.

Memang sosok Jack Ma ini adalah sosok fenomenal yang dimiliki dunia saat ini, yang memulai semua kesuksesannya dari nol dan meraih kesuksesan bersama Alibaba. Visioner, mungkin itulah apa yang bisa menggambarkan pemikiran-pemikiran seorang Jack Ma. Ketika di Indonesia disibukkan degnan eCommerce, Jack Ma telah memulainya lebih dari 10 tahun silam dengan Alibaba dan masih sangat kuat sampai saat ini.  

Sederhana, rendah hati dan piawai dalam beribicara di depan audience.

Berikut adalah apa yang dibagikan oleh Mas Nadhir Ashafiq dari kuliah 1 jam bersama Jack Ma:
  1. Masalah antar anggota tim akan selalu terjadi. Jika itu "flu" - tidak masalah. Ini akan hilang dalam 7 hari. Tetapi jika itu "kanker" - segera perbaiki.
  2. Masalah antara pendiri/anggota tim harus diselesaikan secara langsung. Tidak ada intervensi pihak ketiga. Inilah yang dia lakukan dengan 17 rekan lainnya.
  3. Uang/kesuksesan tidaklah sama dengan kebahagiaan. Dia mengatakan dia akan lebih suka jika Alibaba adalah 20-30% dari ukurannya sekarang.
  4. Dengarkan investor Anda tetapi jangan ikuti mereka. Mereka tidak tahu bisnis Anda.
  5. Temukan investor yang akan menambah nilai bukan hanya uang. Perusahaan Anda adalah "anak" Anda. Investor secara tipikal memiliki banyak “anak”. Temukan investor yang akan membantu merawat dan fokus pada “anak” Anda. Temukan seorang mentor.
  6. Temukan Dewan Direksi yang menyukai bisnis Anda. Bukan sekedar nama besar perusahaan anda.
  7. Keseimbangan Work Life adalah saat seorang pengusaha sulit. Sarannya: jagalah istri/suami anda sibuk.
  8. Memberdayakan. Dia mengatakan kepada CEO-nya, hanya memberi tahu saya jika Anda membeli perusahaan lain di atas RMB 20 miliar (USD 3,18 miliar). Jangan ganggu dia (Jack Ma) dengan hal-hal kecil.
8 kebijaksanaan seoarang Jack Ma yang sangat mandiri ini memang tidak lepas dari pengalaman hidupnya sendiri, dia menceritakan kesimpulan dari perjalanan hidupnya yang berakhir sukses seperti sekarang ini.
 
Nadhir Ashafiq dalam kuliahnya bersama Jack Ma.
 
Semoga sharing singkat dari Mas Nadhir Ashafiq ini bermanfaat bagi teman-teman semua. Sukses selalu!