Laman

  • Home

Senin, 05 Maret 2018

UMKM Butuh Logistik Ekspor Yang Murah dan Mudah.

Related image
Logistik Ekspor, komponen penting dalam UKM Go Ekspor
UKM Go Ekspor

Ketika UMKM bertanya kepada kami mengapa UMKM harus ekspor, maka secara singkat saya akan menjawab dengan jawaban yang sederhana, yaitu: Karena eksport PPN-nya 0%! Fasilitas ini tidak akan kita nikmati jika kita bermain dengan pasar lokal, apalagi dengan industri lokal yang sudah mempersyaratkan vendor atau supplier harus melengkapi dengan faktur.

Untuk omzet di bawah Rp 4.8 M per tahun mungkin impact-nya tidak begitu terasa, tetapi jika omzet UMKM-nya telah lebih dari angka tersebut maka "ledakan beban pajak" akan dirasakan oleh supplier dan vendor. Ketika kita memberikan kontribusi "PPN masukan" kepada perusahaan besar, maka pertanyaannya adalah apakah UMKM memiliki PPN masukan juga? UMKM biasanya beli bahan baku dari petani tanpa faktur, sehingga besarnya PPN adalah 10% dan nilai sebesar ini ternyata menyita margin keuntungannya, belum lagi ketika pembayaran dari perusahaan besar tersebut adalah tempo, dan belum lagi bahwa suppler atau vendor harus setor pajak duluan sebelum dibayar oleh pembeli.

Inilah mengapa kami lebih suka UMKM naik kelas melalui jalur ekspor, meskpun perjalanannya berat di awal, namun memberikan arti yang besar dalam pengembangan bisnisnya.

Logistik Ekspor

Dalam perjalanan kami mengembangkan ekspor dari sektor UMKM, kami melihat kendala utama adalah masalah logistik ekspor-nya, baik dalam hal biaya maupun dalam prosedurnya. Banyak produk UMKM yang kualitasnya bisa masuk standar ekspor, namun ketika biaya kirim mahal maka produk tersebut tidak lagi bisa bersaing di pasar global.

Meskipun belum mampu mejadi yang termurah, namun produk POS EKSPOR dari PT Pos Indonesia merupakan upaya untuk memberikan kemudahan UMKM dalam ekspor, baik melalui laut maupun udara. Yang menarik dalam pos ekspor adalah kemudahan dalam prosedur, sehingga para UMKM bisa mengirim barang ke luar negeri namun prosedurnya seperti kirim paket biasa.

Kami berharap akan banyak lagi perusahaan logistik yang mampu memberikan fasilitas pengiriman ekspor yang handal dan bersaing harganya.

Saat e-Commerce mulai mendominasi kultur berbelanja di negara-negara di dunia, maka batas-batas perdagangan internasional sudah mulai kabur. Hampir semua negara sudah mulai membuka diri terharap arus barang masuk dan keluar, karena budaya e-Commerce sudah pasti akan mendominasi metode berbelanjad di masa mendatang.

Logistrik ekspor dengan jaringan internasional yang luas dan kuat akan bisa membantu para pelaku UMKM untuk merambah ke pasar ekspor. Perdaganan bebas telah membuka peluang yang luas kepada para pelaku UMKM yang memiliki visi besar dan jauh ke depan.

Kami, Rumah UMKM, akan senantiasa mencari mitra-mitra logistik yang peduli dengan kondisi perdagangan skala UMKM agar jangkauan distribusi produk mereka semakin luas dan global.