Laman

  • Home

Rabu, 14 Maret 2018

Teknik Marketing Yang Dahsyat, Sedekah & Silaturahmi.

Give & Network, mungkin bisa kami katakan sebagai sedekah dan silaturahmi.

Saat membaca sebuah hasil riset di internet, yang dikeluarkan oleh Right Management USA) yang isinya sebagai berikut:

Jaringan memiliki tingkat efektivitas 46%, dibandingkan dengan iklan Internet (25%), perekrutan (14%), pendekatan langsung (7%) dan iklan surat kabar (1%). (Hasil studi Right Management USA)
Kami sebagai praktisi marketing harus tanpa sadar mengatakan memang benar bahwa jaringan (network) memang sangat efisien dan efektif dalam upaya pengembangan bisnis atau akselerasi bisnis.
Tanpa sadar kita telah mulai menjalani apa yang dimaksud dengan dengan silaturahmi, karena membangun jaringan fundamentalnya adalah silaturahmi yang di dalamnya terkandung arti komunikasi dan jalinan kerjasama. Membangun silaturahmi sendiri mengajarkan kita untuk mau berkorban dan memberi, karena ketika semua pihak mau dalam posisi memberi maka jalinan ini akan berlangsung lama dan langgeng.

Lalu bukankah yang dimaksudkan dengan memberi bukan merupakan ajaran dari sedekah? Dimana kita dituntut kerelaan memberikan waktu, perhatian, bimbingan, biaya dan sebagainya kepada mitra kita? Dan tentunya demikian pula sebaliknya.
Dan terbukti, ketika kita sudah menerapkan cara ini banyak sekali kemudahan kita dalam memecahkan masalah pemasaran yang selama kita hadapi, mulai dari kebutuhan informasi, kebutuhan referensi dan diskusi.
Mengapa tiba-tiba menuliskan hal ini? Semua adalah karena saat pelatihan pemasaran di Kabupaten Kudus hari ini ketika ada beberapa peserta yang menanyakan teknik marketing yang paling jitu saat ini itu apa. 
SIlaturahmi tidak harus kita lakukan dengan cara offline, kita bisa melakukan dengan cara online karena teknologi digital saat ini. Networking pun tidak harus dengan cara offline karena fasiltias networking secara digital juga telah banyak disediakan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Social media menjadi salah satu alat kita dalam membangun networking yang cepat, efektif dan murah dan memanfaatkan social media sebagai alat marketing (Social Media Marketing) menjadi salah satu hal yang sangat menarik saat ini. Mulai dari marketing melalui facebook, instagram, linkedin dan sebagainya. Belum lagi bagaimana kita difasilitasi dengan YouTube yang selain kita bisa promosi kita pun bisa generate income.

Mari belajar bisnis dan ibadah secara bersamaan. Sukses !