Laman

  • Home

Senin, 05 Maret 2018

Mengapa Harus Membekali Diri Dengan Kemampuan Marketing Digital?

Pembekalan pemasaran pada pegawai persiapan pensiun di Hotel Grand Wahid Salatiga.
Tidak mudah menjadi seorang pensiunan saat ini, ketika semua biaya kebutuhan hidup meningkat tajam sementara pensiun dan pesangon mereka tidaklah cukup. Menyikapi hal ini, BKD Propinsi Jawa Tengah menggelar pembekalan kewirausahan kepada sekitar 1.000 pegawai masa pensiun setiap tahunnya, yang terbagi dalam beberapa gelombang.

Bekal pengelolaan keuangan, perencanaan usaha dan entrepreneurship merupakan bekal yang sangat dibutuhkan oleh para audience ketika mereka memasuki masa pensiun dalam waktu 1-2 tahun mendatang. Pengelolaan keuangan terbaik adalah bagaimana mendapatkan penghasilan, dan entrepreneurship merupakan keputusan yang rasional saat ini.

Tentunya ada pemahaman bahwa tidak semua orang terlahir bukan untuk menjadi pengusaha, namun jika dipahami lebih dalam bahwa ada banyak hal yang bisa dijadikan usaha maka mungkin pengertian menjadi pengusaha akan berkembang lebih luas. Bahkan memiliki warung di rumah pun kita sudah bisa disebut seorang pengusaha, selama kita mampu mengelola warung tersebut sebagai sumber penghasilan yang bisa berkembang.

Untuk menjadi seorang pengusaha tentu harus memiliki usaha, dan ketika telah memiliki usaha maka upaya pemasaran menjadi sangat kritis untuk disikapi. Gagal dalam pemasaran maka usaha anda bisa kandas, oleh sebab itu bekal pengetahuna mengenai pemasaran menjadi sangat penting bagi para pemula usaha.

Teknik Pemasaran di Era Digital

Di sini kami tidak ingin mengatakan mana yang lebih baik, apakah digital marketing atau konvensional marketing. Semuanya baik, dan bisa melakukan kombinasi di antara keduanya akan jauh lebih baik. Pemilihan di antara keduanya biasanya didasarkan pada siapa pasar yang akan dibidik, perkembangan teknologi yang mempengaruhi bidang bisnsi dan kebutuhan efisiensi dan efektivitas dalam memperkenalkan bisnis dan pemasarannya.

Menempatkan siapa target pasar kita dan melakukan positioning yang tepat merupakan hal yang paling mendasar, biak dalam pemasaran digital maupun pemasaran konvesional. Ketika kita berhasil melakukan segmentasi dan targeting dengan tepat, maka positioning yang akan kita lakukan akan benar.

Mulai dari mengidentifikasi pasar, memahami pasar, mengetahui permasalahan dan kebutuhan pasar serta mampu memberikan solusi terhadap permasalahan pasar menjadi hal yang perlu dipahami sebagai esensi kegiatan pemasaran. Semua hal ini bisa dilakukan ketika kita memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Membangun strategi pemasaran yang efektif adalah membangun strategi yang sesuai dengan STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning) yang telah kita lakukan. Mulai dari bagaimana membangun PRODUK kita agar bisa menjadi "umpan" kepada target pasar kita, membangun PRICE (harga) yang sesuai dengan tingkat daya beli target pasar kita, membangun kanal distribusi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kirta serta membangun promosi yang paling efektif dalam menjangkau pasar kita.

Tidak hanya pemasaran konvensional, pemasaran digital pun membutuhkan hal yang sama, hanya saja dalam pemasaran digital kita telah banyak dibantu dengan teknologi yang sangat memudahkan kita dalam menjangkau pasar kita. Tidak tidak perlu melakukan segmentasi dan targeting sendiri karena teknologi bisa membantu kita untuk melakukan hal ini. Dan hampir semua saat ini bisa tergantikan dengan teknologi, hanya esensi marketing yang masih akan bertahan.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Pemasaran Digital?

Pasti akan banyak item yang akan muncul ketika kita bertanya apa saja yang dibutuhkan dalam pemasaran digital, tetapi jika kita paham yang kita hadapi adalah pemula usaha maka kita perlu menyebutnya satu persatu.

Kita hanya akan menghimbau mereka untuk memiliki asset, yaitu berupa website dan akun sosial media serta tool (alat) untuk memainkannya, yaitu ilmu SEO (Search Engine Optimization) dan SMM (Social Media Marketing).

Kita pasar kita menjadi "mobile" maka kita harus memiliki "informasi" yang mobile juga, yaitu memiliki webiste, dan jika belum mampu maka kita akan menggantikannya dengan fan page yang memang disediakan oleh face book sebagai platform bisnis.

Website harus responsif, light (ringan), informatif dan simple sebagaimana juga degnan fan page. Bahasa visual, baik berupa foto maupun video memilki nilai tambah dalam social media, oleh sebab itu para pemula usaha harus membekali diri dalam membuat konten visual yang baik dalam media social dan websitenya.

SEO terbaik adalah konten yang sesuai dengan konteks atau konsep website dan social media serta penyampaian pesan yang baik kepada audience yang tepat. SMM yagn terbaik adalah bagaimana melakukan edukasi bisnis dan produk secara santun kepada audience yang tepat,. Dalam socila media, hard sales akan sangat membosankan dan mengganggu audience kita.

Materi di atas adalah rangkuman selama 1 jam kami memberikan pembekalan "Teknik Pemasaran di Jaman Digital", semoga bermanfaat juga bagi pembaca yang lain.