Laman

  • Home

Kamis, 01 Maret 2018

Lebih Efisien dan Efektif, Manfaatkan Blog Terkenal Untuk Promosi.


Food Blog yang membantu promosi produk-produk pangan
Short Brief 
 
Dominasi pasar oleh generasi milenial membawa dampak perubahan perilaku pasar yang sangat signifikan. Beberapa ciri perilaku generasi milenial adalah mobile & connected, high flexibility, high speed, spesialisasi, menyukai kepraktisan dan efektif. Perilaku ini memberikan stimulasi terhadap akselerasi transformasi digital yang sedang berlangsung saat ini.

Selaras dengan perubahan ini, media promosi yang dibutuhkan oleh pasar adalah media yang bersifat online dan mobile, mengingat waktu mereka dalam keseharian tersita oleh kedekatannya dengan smartphone. Media online ini terbukti telah menggeser media-media konvensional seperti TV, Radio dan Surat Kabar. Konten promosi pun saat ini menyesuaikan dengan perkembangan media saat ini, yaitu konten online baik berupa visual maupun audio visual. Konten visual menjadi sangat penting dalam melakukan komunikasi dengan pasar.


DiahDidi.Com


DiahDidi.Com adalah media online yang membidik pembaca wanita yang menggemari kegiatan “memasak” dengan konten berisikan edukasi masak beserta resep-resepnya. Yang menarik dari DiahDidi.Com adalah pembacanya yang sangat loyal dan organik. Mengapa organic? Karena pembaca-pembaca DiahDidi.Com tidak dipicu oleh iklan melainkan dengan sukarela mereka mengikuti blog masak ini sejak awal. Hal inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para advertiser di samping jumlah viewernya yang cukup besar setiap harinya.


Food blog DiahDidi.Com biasanya dimanfaatkan oleh advertiser atau sponsor untuk memenuhi target mereka dalam visibilitasnya Google Search. Selain blog DiahDidi.Com, media ini juga berasosiasi dengan social media pendukung yaitu Face Book, Instagram dan YouTube.


Social media yang sangat mendukung promosi suatu brand saat ini adalah Instagram dan YouTube, yang tentunya memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing. Jika dulu IG @bunda_didi adalah pendukung dari DiahDidi.Com, saat ini IG @bunda_didi sudah bisa berdiri sendiri sebagai media promosi yang sangat efektif sebagai “awareness”. Sementara YouTube juga kami bangun untuk untuk menjadi “arsip” promosi audio visual yang sewaktu-waktu bisa diakses dengan mudah secara mobile selain sebagai media promosi itu sendiri.


Secara umum DiahDidi.Com masih relevan dengan perubahan-perubahan pasar sebagaimana yang kami gambarkan sebelumnya.


Apa yang Bisa Dilakukan DIahDidi.Com untuk Membangun Sebuah Brand?

Kehadiran konten DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi sudah menjadi rutinitas penantian harian bagi para viewer dan followernya. Jumlah viewer, follower dan peringkatnya dalam Google Search memberikan peluang yang lebih besar bagi sebuah brand untuk mengambil perhatian para viewer dan follower DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi.

Liputan produk dengan kemasan sajian resep DiahDidi.Com dirasakan oleh para pengiklan cukup membawa pengaruh (influence) kepada viewer dan follower. Foto produk dalam kaitan resep DiahDidi.Com di IG @bundadidi serta video pembuatan resep dengan produk pengiklan juga memberikan dampak yang cukup berpeluang tinggi untuk menjadi sebuah awareness. Sementara itu promosi berupa konten audio visual melalui YouTube juga bisa sangat mendukung produk pengiklan tersebut.


Apa yang telah dilakukan DiahDidi.Com untuk Brand?

Beberapa brand yang diperkenalkan sejak awal oleh DiahDidi.Com adalah produk Kongbap dari Marifood, Gula Cari dari Gulanas, produk-produk tepung premix dari Sriboga Flour Mills. Banyak produk-produk makanan yang secara sporadik melakukan promosi melalui media DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi seperti Supermi, Kecap Indofood dan banyak sekali produk-produk dari UMKM. Untuk produk perlengkapan masak, beberapa brand yang sudah bekerjasama dengan kami adalah Rupa-Rupa.Com, Mito, Vicenza, Midena, Tupperware, Lock & Lock dan sebagainya. 

Mengapa jika brand-brand besar telah melirik blog untuk berpromosi, justru UMKM tidak memanfaatkannya? 

Biaya promosi di blog tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan media komersial lain, dan yang lebih penting, blog lebih personal dan mudah berinteraksi dibandingkan dengan situs-situs perusahaan besar. Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman UMKM dalam merencankan promosi usaha dan produknya. Tetap semangat membangun dari kecil.