Laman

  • Home

Jumat, 23 Maret 2018

Gula Aren Cair, Andalan GULANAS Tembus Ekspor

Gula Aren Cair, vaian baru dari GULANAS
Terus berinovasi dan memperkaya varian produk setelah produk-produk sebelumnya yaitu gula tebu cair dan gula kelapa cari telah beredar di pasaran. GULANAS saat ini meluncurkan produk gula aren cair yang memiliki cita rasa khas gula aren. 

Varian produk yang premium (golden) ini memang ditujukan untuk pasar ekspor, karena produk gula aren tidak banyak pesainnya di luar negeri. Dan secara umum, masyarakat telah memahami bahwa produk gula aren ini lebih alami daripada produk gula pasir.

Test rasa gula aren untuk kopi.
Tuntutan gula yang lebih sehat tidak hanya dari pasar luar negeri, di dalam negeri pun masyarakat juga sudah mulai sensitif dengan gula. Dan hal ini menjadi perhatian gulanas untuk meng-upgrade gula lokal non tebu yang sudah dikenal masyarakat sebaga gula alami dalam bentuk cair dan dengan proses yang lebih hygienis.

Peluang Pasar Ekspor

Pada awalnya GULANAS hanya akan fokus dengan pasar domestik, namun ketika beberapa buyer asing dari China dan Afrika menanyakan apakah produk GULANAS bisa diekspor ke negara mereka maka fokus pasar mulai dibagi, yaitu pasar domestik dan pasar ekspor. Pasar ekspor dengan kultur yang sudah biasa dengan gula cair perlu dipertimbangkan karena akan lebih mudah menerima produk gula cair daripada pasar domestik yang telah terbiasa dengan produk gula cair.

Memang kendala utama pasar domestik adalah "merubah kebiasaan" dari gula pasir menjadi gula cair. Namun dari beberapa industri makanan justru lebih dahulu aware terhadap produk gula cair karena lebih praktis dan efisien dalam waktu dan biaya sementara untuk konsumsi rumah tangga memang butuh waktu untuk mulai menggeser kebiasaan.

Meskipun berangkat dari skala UMKM namun visi industrialisasi produk gula cair membawa GULANAS sangat peduli terhadap kualitas dan kapasitas produksi sehingga pasar yang dibidik adalah pasar bisnis bukan konsumsi (retail). Kemitraan menjadi salah satu strategi dalam pengembangan pasar GULANAS di Indonesia.

Jika sementara ini pasar Pulau Jawa sudah mulai bisa dilayani, maka dalam beberapa waktu ke depan GULANAS berharap bisa mendapatkan mitra distributor di luar Jawa yang bisa memasarkan produknya.

Khusus yang seri golden, GULANAS memang telah mempersiapkan untuk pasar ekspor dan terus melakukan promosi ekspor ke beberapa negara di Afrika, China dan Amerika Latin. Beberapa negara Eropa yang lebih ketat peraturannya pun telah kami coba untuk jajaki pemasarannya.

Semua butuh waktu, semua butuh proses ... Tetapi bergerak !