Laman

  • Home

Jumat, 16 Maret 2018

Fasilitas Kemasan Kaleng & Freeze Dry Dibutuhkan Oleh UMKM Untuk Upgrade Market

Freeze Dry Fruits
Beberapa waktu lalu ketika memberikan pelatihan UKM Go Ekspor di Kota Magelang, kami sempat bertemu dengan beberapa pejabat terkait dan disodori sebuah pertanyaan tentang bagaimana cara cepat mengenjot pemasaran produk UMKM Kota Magelang. 

Produk otentik Jawa Tengah, asli dan khas Jawa Tengah, maksudnya merupakan komoditas potensial untuk ekspor maupun lokal hanya saja masalah desain produk dan kemasannya perlu mendapatkan perhatian yang serius. Banyak produk olahan hasil pertanian dan perkebunan dan perikanan yang bisa dipasarkan lebih luas, baik ke pasar modern maupun ekspor.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menembus pasar tersebut adalah dengan peningkatan teknologi produksi dan kemasan, tidak cukup hanya dengan pelatihan saja. Penyediaan sarana dan prasarana adalah cara cepat bagaimana produk UMKM ini bisa dipasarkan secara luas.

Produk ikan kalengan.
 
Produk buah dan sayuran kalengan.

Menjawab pertanyaan dari para pejabat terkait, kami menyarankan agar pemerintah Kota Magelang bisa membangun Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dalam penyediaan jasa kemasan kalengan dan jasa pengolahan freeze dry untuk produk buah, bumbu dan sayuran. Jika fasiltas ini sudah ada, maka yang akan hadir di pasaran adalah produk-produk UMKM yang berkelas dan bisa than lama sehingga tidak lagi masalah untuk dipasarkan di negara lain.

Setiap kota dan kabupaten bisa menganggarkan penyediaan fasilitas ini daripada hanya sekedar memberikan pelatihan kemasan saja tanpa dibarengi dengan tindak lanjut produksi kemasannya. Dengan adanya fasilitas ini, setidaknya kita bisa keluar dari permasalahan rutin di kalangan UMKM yaitu kemasan.

Sementara itu fasiltias freeze dry merupakan teknologi pengelohan untuk produk buah-buahan, bumbu dan sayuran segar menjadi produk kering dengan tetap mempertahankan nutrisinya. Hal ini terkait dengan kecenderungan olahan buah yang tidak mengandung minyak dan gula sebagai produk dengan konsep sehat.

Untuk daerah pesisir masih ada kebutuhan teknologi olahan lain lagi, yaitu iradiasi untuk membuat produk ikan segar bisa tetap awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Teknologi iradiasi yang kami tahu adalah yang dari Rusia, dan teknologi ini sangat bermanfaat untuk pengelolaan produk perikanan laut di Indonesia yang sangat kaya.

Semgoa tulisan pendek kami ini bisa memberikan masukan kepada pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia untuk terus berpacu dalam menyediakan saran dan prasarana kepada para UMKM untuk bisa naik kelas. Salam sukses !