Laman

  • Home

Sabtu, 24 Februari 2018

Sudahkah Anda Bertanya Pada Customer Anda?

Tanyalah apa yang diharapkan dan dibutuhkan customer anda.
Seringkali ketika bertemu dengan customer kita terlalu bersemangat memperkenalkan produk kita kepada customer sehingga tidak menyisakan waktu sedikitpun untuk bertanya kepada customer apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka harapkan. Kondisi ini seolah kita tidak memperdulikan kebutuhan mereka, yang kita perdulikan hanyalah produk kita dan kepentingan kita.

Lupa bahwa bisnis adalah untuk memuaskan kebutuhan customer. Hal inilah yang sering terjadi, tidak saja pada pelaku UMKM bahkan pada para salesman perusahaan besar sekalipun. Mereka lupa bahwa waktu yang berharga tersebut tidak mereka manfaatkan untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh customer, apa yang diharapkan oleh customer, apa kendala yang mereka hadapi saat ini dan sebagainya. Waktu berharga tersebut lebih sering dipergunakan untuk menjelaskan produknya. 

Perlu dipahami bahwa arti memuaskan pelanggan adalah memenuhi apa yang menjadi harapan customer, bahkan sebaiknya bisa melebihinya. Tanpa memahami apa yang menjadi harapan dari customer maka tujuan untuk memuaskan pelanggan tidak akan pernah tercapai. 

Memahami customer, mengerti kebutuhan dan harapanya serta mampu memuaskan kebutuhannya adalah dasar-dasar pemasaran yang juga harus dipahami oleh para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Bisnis kita bangun dengan tujuan jangka panjang, bukan hanya kebutuhan sesaat.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik sudah menjadi kebutuhan bagi para pelaku UMKM dalam menggali informasi yang penting dari customer. Merasa nyaman dan terlibat merupakan suasana yang diharapkan dalam komunikasi. Membuat customer merasa penting dan pendapatnya didengar adalah salah satu harapan customer yang harus dipenuhi.

Jika pelaku UMKM telah memahami pentingnya berkomunikasi yang baik kepada customer, maka informasi-informasi penting yang mendukung pengembangan bisnis para UMKM. Informasi pasar ini sangat penting dalam perbaikan produk dan layanannya. Semoga hal ini dipahami benar oleh teman-teman UMKM untuk pengembangan bisnis di masa mendatang.