Laman

  • Home

Selasa, 13 Februari 2018

Mesin Pop Box Sudah Hadir Di Semarang

Mesin Pop Box, di Superindo Sukun Banyumanik
Saat ke Superindo di Jl Sukun Banyumanik pagi tadi, perhatian saya tertuju pada sebuah lemari locker canggih di depan sebelah kiri bangunan dan saya coba dekati untuk lebih tahu benda tersebut. Ternyata benda itu adalah Mesin Pop Box yang bisa dimanfaatkan oleh para pebelanja online di Matahari Mall, BliBli, Lazada dan Zalora untuk kirim pesanan, terima pesanan dan mengembalikan pesanan dari beberapa eCommerce tersebut di atas. PopBox ini merupakan parcel locker atau locker paket yang menyediakan fasilitas bagi para pebelanja online.

Masih baru banget bagi masyarakat, tetapi jika kita cermati betapa saat ini terjadi akselerasi budaya belanja online sehingga banyak pihak yang membuka bisnis pelayanan yang memberikan fasiiitas kepada para pebelanja online. 

Para pebelanja online bisa datang ke mesin Pop Box ini untuk pemesanan barang dan hebatnya mereka pun bisa menerima barang di mesin ini sekaligus melakukan pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan.

Ke depan memang bisnis benar-benara bisa ditangani oleh mesin dengan tanpa membutuhkan SDM lagi, sehingga hal ini perlu disikapi oleh para generasi mendatang bahwa kesempatan kerja mereka mungkin akan semakin berkurang namun kesempatan untuk menjadi wirausaha justru akan semakin terbuka. 

Banyak hal yang bisa dilakukan, karena setiap produk yang hadir ternyata ada pasarnya. Dan media online adalah media yang paling efektif dalam melakukan promosi dan pengenalan produk kepada masyarakat. Social media adalah sebuah connected dots yang mampu membangun jaringan komunikasi yang luas tanpa batas sehingga mampu memberikan peluang besar dalam pemasaran.

Hadirnya mesin-mesin seperti ini, hampir sama dengan mesin minuman dan snack yang ada di mall-mall besar. Tidak perlu ada karyawan yang menunggu, mereka tinggal masukkan koin dan dapatkan barang yang ingin mereka beli. Seandainya mesin ini dimanfaatkan untuk memuat produk UMKM berkualitas, maka setiap ada pameran UMKM tidak perlu UMKMnya datang, cukup mesin dan barannya saja yang dihadirkan.