Laman

  • Home

Rabu, 14 Februari 2018

Krupuk Ikan, Peluang Ekspornya Sangat Terbuka

Krupuk Ikan, potensi produk dari Kabupaten Pati yang belum dikembangkan secara maksimal.
Dalam setahun yang lalu, permintaan ekspor krupuk udang dan krupuk ikan dari negara-negara di Timur Tengah, Belanda dan Jerman cukup banyak. Kami masih mendalami apakah tumbuhnya permintaan ekspor krupuk udang dan krupuk udang tersebut oleh orang Indonesia yang ada di Timur Tengah atau orang non Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui, banyak produk Indonesia masuk pasar Belanda, Jerman, Timur Tengah, Korea dan Hong Kong adalah karena kebutuhan orang Indonesia yang berada di negara-negara tersebut. Namun terlepas dari itu semua, hal ini harus disikapi dengan positif bahwa pasar ekspor untuk produk krupuk udang dan krupuk ikan sangat terbuka bagi para pelaku UMKM.

Dari survey kami ke daerah pesisir utara, kami melihat bahwa Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang merupakan produsen krupuk udang dan krupuk ikan, terutama Kabupaten Pati. Instansi pemerintah yang terkait dengan pembinaan UMKM perlu segera memfasilitasi kemampuan produksi baik berupa standarisasi kualitas, kapasitas produksi maupun HACCP untuk orientasi ekspor.

Meskipun pasar lokal juga masih sangat terbuka, terutama di kota-kota besar di Jawa tetapi peluang pasar ekspor ini harus digarap sebagai upaya peningkatan devisa negara. Kabuapten Pati dan Rembang yang merupakan penghasil ikan laut dan juga tepung tapioka sangat potensial untuk didampingi dalam pengembangan produk krupuk ikan dan krupuk udang.

Perlu brand berkelas internasional untuk pasar ekspor.

Kemasan krupuk udang dan krupuk ikan perlu ditingkatkan, jangan kalah dengan negara tetangga.
Beberapa bulan yang lalu saat kami memberikan pembekalan kemasan dan peamsaran di Kabupaten Pati, kami sempat mencoba satu per satu produk krupuk udang dan krupuk ikan dan menemukan beberapa produk UMKM yang cukup potensial untuk dikembangkan pemasarannya baik lokal maupun ekspor.

Bahkan beberapa minggu yang lalu, sebuah perusahaan distrubor besar produk bahan makanan meminta kami untuk mereferensikan produsen krupuk udang di Jawa Tengah untuk mereka jadikan pemasok ekspor krupuk udang dengan tujuan Uni Emirat Arab. Dan saat ini pun kami masih terus menindaklanjuti permintaan tersebut.