Laman

  • Home

Rabu, 14 Februari 2018

Kripik Singkong, Snack Tradisional Yang Justru Tembus Ekspor

Produk Mirasa Food Magelang, Kripik Singkong Cap Payung merupakan snack yang digemari di Belanda.
Kami mengenal UMKM saat penjurian eskportir tangguh Jawa Tengah, dan Mirasa Food merupakan salah satu peserta. Yang menarik bagi kami adalah, perusahaan ini masih skala UMKM dan dengan produk "hanya" kripik singkong. Hal ini yang menjadikan kami menjadi penasaran untuk berkunjung ke Mirasa Food untuk mendengar lebih banyak mengenai kripik singkong dan melihat fasilitas produksinya, dan benar perusahaan ini masih skala UMKM.

Pasar ekspor yang telah digarap pun adalah Middle East dan Europe (Jerman dan Belanda), sehingga bisa dikatakan bahwa prodk kripik singkong Mirasa Food adalah produk berkelas internasional. Terlebih lagi ketika kami berbincang-bincang dengan beberapa food importer dan distributor di Belanda, kami mendapatkan pengakuan bahwa memang produk ini sangat digemari di Belanda. Beberapa importer tersebut berminat impor produk tersebut namun Mirasa Food telah terikat kontrak eksklusif dengan salah satu importer besar di Belanda.



Tapi ternyata tidak hanya Mirasa Food yang ekspor kripik singkong ke Belanda, tetapi juga ada beberapa UMKM yang lain seperti San Food dari Semarang yang juga berhasil melakukan ekspor kripik singkong, slongok dan berbagai snack dari singkong ke China. 

Apa sebenarnya yang dicari oleh pasar ekspor dari produk Jawa Tengah? Sebenarnya cukup sederhana, kita sering tidak fokus kepada apa yang menjadi asset khas Jawa Tengah. Membuat produk makanan berbasis terigu memang menarik, tetapi untuk pasar ekspor hal ini tidaklah cukup, mereka mau yang khas dan tidak bisa mereka dapatkan di negaranya.

Cita rasa khas kripik singkong dari Mirasa Food misalnya, mereka mengembangkan varian singkong khusus yang mereka budidayakan sendiri sehingga menjadi sangat khas dan tidak bisa diproduksi oleh perusahaan lain. Jawa Tengah sangat kaya dengan varian singkong yang enak dan khas. 

Mari cermati potensi khas Jawa Tengah dan berkreasi atasnya, karena dengan ekspor para UMKM akan banyak membantu perekonomian nasional. Sudah saatnya UMKM berpikir ekspor dan mengekplosi potensi yang ada.