Laman

  • Home

Selasa, 27 Februari 2018

Healthy Food, Peluang Produk Pangan Ekspor Di Masa Mendatang.

Freeze Dried Fruit, salah satu prodk yang menggunakan proses yang sehat.
Semakin hari ke depan, kebutuhan makanan sehat semakin besar baik di dalam negeri (biasanya trend-nya agak telat) maupun luar negeri. Seperti saat ini ketika kami mencoba menawarkan berbagai produk pangan dari Indonesia, maka issue sehat sangat mendominasi pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan kepada kita.

Untuk negara-negara di Eropa kami masih melihat adanya kelonggaran-kelonggaran untuk kriteria pangan sehat, namun ketika kami mencoba menawarkan kepada USA, Canada dan Jepang maka aturan mereka lebih ketat.  Pasar ekspor yanga masih sangat longgar adalah negara-negara dunia ketiga seperti Afrika dan ASEAN.

Namun apa pun itu, dari sini kita mulai mesakan bahwa kebutuhan pangan sehat sudah menjadi tuntutan kepada produsen, terutaama kepada teman-teman UMKM yang masih banyak belum memahami arti kesehatan dan keamanan pangan. Bahkan di dalam negeri sendiri tuntutan pangan sehat sudah mulai terasa ketika para konsumen sudah mulai kritis dengan ijin edar makanan, mulai dari PIRT sampai dengan BPOM, selanjutnya sampai kepada sertifikasi halal. Hal ini sudah menunjukkan bahwa masyarakat sangat peduli dengan jaminan keamanan pangan dari produsennya.

Tetapi tuntutan di atas masih bersifat umum, ada sementara konsumen (pasar khusus) yang sudah menuntut mengenai kadar kandungan gula dan minyak dalam makanan, tuntutan atas pangan organik dan sebagainya. Semua itu sebenarnya sudah menjadi tuntutan juga di pasar dunia.

Peluang Ekspor Produk Pangan Sehat

Untuk pasar Eropa, Timur Tengah, Asia (kecuali Jepang dan Korea dan Afrika, mungkin bisa dikatakan promosi dan pemasaran kami tidak banyak mendapatkan tanggapan yang kritis terhadap issue sehat produk pangan, namun ketika kami mulai kontak dengan buyer-buyer di USA dan Canada, mereka sangat kritis mulai dari sertifikat halal, ijin BPOM, CoA, MSDS, HACCP dan sebagainya.

Bahkan untuk produk snack yang menjadi kekayaan produk Indonesia, ada dari mereka mempersyaratkan produk yang diolah tanpa gula pasir atau gula yang dianggap tidak sehat dan diolah dengan minyak. Untuk gula mereka masih menerima gula aren, gula kelapa, gula kurma, gula stevia dan gula sehat alami lainnnya. Dan mereka butuh CoA untuk hal ini.

Saat mana kami menawarkan produk kripik buah yang mulai marak di Jawa Tengah dan Jawa Timur, mereka pun mempertanyakan mengenai proses memasaknya dan kami jawab bahwa proses kripik buah ini dimasak dengan teknologi vacuum frying. Ternyata teknologi ini tidak berkenan untuk mereka, mereka meminta kami menggunakan teknologi tanpa minyak apakah itu air frying maupun freeze dry.




Kuatnya issue sehat di USA dan Canada harus kita sikapi secara profesional, bahwa pasar mereka sudah paham dan teredukasi dengan pangan sehat oleh sebab itu kami terus berusaha agar produk pangan Jawa Tengah bisa tembus pasar freeze dried fruit yang oleh merekan dinamakan crispy fruits. Saat ini mereka disupply oleh Thailand dan Vietnam, yang akan menjadi rival berat kita ketika  masuk produk tersebut.

Tentunya selain buah kering, buah segar pun sangat terbuka untuk pasar USA dan Canada, namun karena jarak tempuh pengiriman yang jauh, pengiriman buah segar ke USA dan Canada sangat beresiko. Oleh sebab itu kita perlu mempertimbangkan fasilitasi teknologi freeze dry di Jawa Tengah.

Produk-produk lokal dan khas akan tetap menjadi primadona di pasar ekspor, seperti kripik singkong, kripik kelapa muda disamping buah-buahan yang mereka sebuah buah yang otentik seperti durian dan nangka.