Laman

  • Home

Kamis, 22 Februari 2018

Buying Agent, Peluang Usaha Bagi Pembina UMKM

Image result for gendut marjoko
Buying agent, peluang usaha bagi para pembina UMKM

Jika selama ini yang bertanya kepada kami adalah para pelaku UMKM, maka beberapa waktu lalu teman-teman pembina UMKM pun bertanya kepada kami mengenai peluang usaha apa yang bisa mereka tekuni yang tidak jauh bergeser dari kemampuan dan bidang yang telah mereka jalani.

Kita pahami bahwa teman-teman pembina UMKM pastinya telah mengetahui bagaimana sourcing produk yang berkualitas, bagaimana memberikan pembinaan kualitas dan produksi, bagaimana membangun manajemen yang baik dan bagaimana melakukan pemasaran, maka peluang usaha yang cocok adalah menjadi buying agent atau perwakilan dagang perusahaan asing di Indonesia. Peluang ini sangat penuh tantangan, dan sekaligus untuk mengukur bagaimana kemampuan pemasaran kita yang sesungguhnya.

Keberadaan buying agent sangat dibutuhkan oleh mitra-mitra perusahaan importer dan wholesale di luar negeri ketika biaya sourcing produk sangat mahal biayanya. Dengan memiliki buying agent yang profesional dan handal serta mengetahi sourcing produk maka banyak biaya yang bisa ditekan oleh perusahaan tersebut. 

Penghasilan seorang buying agent pun tidak bisa dianggap remeh, karena mereka selain mendapatkan monthly sallary juga mendapatkan prosentase pembelian dari pihak importer dan wholesale. Hanya saja perlu diingat, ketika mereka bekerja untuk perusahaan asing maka jangan sekali-kali mereka meminta fee lagi kepada produsen karena hal ini seringkali terjadi dan sangat merugikan pihak importer.

Ketika para pembina UMKM mampu mengelola potensi dan peluang ini maka sebenarnya banyak hal positif bagi para UMKM binaan, karena mereka memiliki jaminan pasar dari para pembinanya disamping mereka (para pembina) tahu benar apa yang dibutuhkan oleh pasar.

Semoga masukan dan ide kami ini bermanfaat bagi rekan-rekan pembina UMKM yang lain. Sebuah tantangan yang harus dijawab dengan aksi, selamat berjuang!